Waspadai, Ini Sederet Hal yang Bisa Memperparah Biang Keringat

20 March 2024 - 07:15 WIB
Yesdok

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tak hanya anak-anak dan bayi yang mengalami biang keringat, orang dewasa pun juga bisa mengalami benjolan merah kecil di kulitnya. Biang keringat paling sering muncul di area leher, lipatan kulit, dan bokong.

Kondisi ini bisa menyebabkan kulit terasa sangat gatal, perih, dan merah, sehingga timbul keinginan untuk menggaruknya. Namun, menggaruk biang keringat justru bisa memperparah kondisinya.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (18/3/24), berikut sederethal yang memperparah biang keringat yang dialami, antara lain:

1. Menggunakan sabun batangan yang bersifat “keras”

Sebagian besar sabun batangan mengandung surfaktan dengan konsentrasi yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan kulit menjadi kering bahkan iritasi. Jika tetap ingin memilih sabun batangan, kamu bisa beli sabun dengan pH yang lebih rendah.

Meskipun demikian, saat biang keringat, kamu lebih disarankan untuk menggunakan gentle body wash atau sabun mandi yang bisa membuat kulit lebih halus dan lembut.

2. Menggunakan produk kulit yang beralkohol

Kandungan alkohol pada beberapa produk, seperti skincare bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Hal ini terjadi karena alkohol menyebabkan skin barrier menjadi rusak. 

Baca Juga: Polda Sumbar Imbau Masyarakat Hentikan Permainan "Perang Sarung" Karena Berpotensi Picu Tawuran

Alkohol juga cenderung mengurangi produksi minyak di wajah. Akibatnya, kelembaban kulit berkurang. Padahal, saat biang keringat, justru kamu sangat memerlukan produk yang bisa melembabkan kulit agar dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi dan merah.

3. Memakai pakaian yang ketat

Biang keringat memang tidak bisa menular ke kulit orang lain. Namun, masih ada kemungkinan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Ini bisa saja terjadi apabila kamu mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan menempel di kulit serta pakaian yang tebal.

Kamu bisa menggunakan pakaian yang lebih tipis dan longgar. Contohnya, pakaian yang terbuat dari bahan katun, linen, dan sutra. Sebaiknya, hindari memakai pakaian dari bahan sintetis.

4. Olahraga di bawah sinar matahari langsung

Biang keringat sangat sensitif dengan cuaca yang panas, apalagi jika kamu berdiri langsung di bawah teriknya sinar matahari. Hal tersbeut berisiko membuat kondisimu semakin memerah dan parah.

Jika kamu ingin tetap berolahraga, pertimbangkan untuk pergi ke tempat gym yang dilengkapi dengan pendingin ruangan seperti AC. Jadwalkan juga olahraga di pagi atau sore hari yang suhunya jauh lebih sejuk daripada siang hari.

5. Mengonsumsi sedikit cairan

Kulit yang kering bisa memperparah biang keringat yang sedang dialami. Untuk itu, sebisa mungkin kulit selalu lembab dan terhidrasi dengan baik.

Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya asupan cairan. Kamu bisa mengonsumsi air putih lebih banyak setiap harinya agar tubuh terhidrasi dengan baik.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment