Waspada! Inilah 5 Kelompok yang Perlu Berhati-hati saat Mengkonsumsi Air Jahe

30 July 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta . Air rebusan jahe sering dikonsumsi oleh para orang tua dan orang dewasa karena memiliki banyak khasiat seperti meredakan nyeri, mengontrol gula darah, dan meningkatkan kesehatan jantung

Dengan banyaknya khasiat yang ada, Minuman ini tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi air jahe secara berlebihan, dan akan membuat efek samping dari mengkonsumsi minuman tersebut.

Perlu diketahui inilah beberapa kelompok tertentu yang sebaiknya berhati-hati saat minum air jahe karena berisiko bagi kesehatan

1. Penderita Batu Empedu
Mengutip Medical News Today, National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) menyarankan penderita penyakit batu empedu untuk berhati-hati saat mengkonsumsi jahe. Sebab, jahe bisa meningkatkan aliran empedu.

2. Orang Hamil
Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi jahe aman, namun buktinya belum meyakinkan. Sehingga, ibu hamil perlu mempertimbangkan kembali jika mau minum air jahe.

Mengutip Times of India, mengonsumsi jahe melebihi batas yang dianjurkan yaitu 1500 mg per hari bisa meningkatkan risiko keguguran. Jadi, sebaiknya, lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada penyedia layanan kesehatan sebelum mengkonsumsinya.

3. Orang yang Mengkonsumsi Obat Tekanan Darah
Para ahli jantung menyarankan orang-orang yang mengonsumsi obat tekanan darah untuk menghindari konsumsi jahe. Sebab, mengkonsumsi jahe atau air jahe dalam dosis tinggi bisa menyebabkan detak jantung tidak teratur. Selain obat jantung, jahe juga bisa berinteraksi dengan obat-obatan lainnya.

4. Orang dengan Perut Kosong
Jahe adalah bahan yang kuat. Sehingga, mengkonsumsi air jahe saat perut kosong bisa menyebabkan rangsangan lambung yang mengakibatkan gangguan pencernaan dan sakit perut.

5. Orang dengan Gangguan Perdarahan
Jahe memiliki sifat antiplatelet bisa meningkatkan risiko perdarahan jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan, jahe yang dikonsumsi dengan cengkeh atau bawang putih bisa meningkatkan risiko pendarahan meningkat. Sehingga,menurut WebMd, air jahe mungkin tidak aman untuk orang yang memiliki gangguan pendarahan.


(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment