Waspada, 7 Bahaya Mengkonsumi Teh Hijau Berlebihan

23 October 2023 - 09:00 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman sehat. Tapi, seperti halnya minuman dan makanan lainnya, asupan teh hijau berlebih juga bisa memicu masalah.


Baca Juga : Cegah Stunting, Polri Sosialisasi Dan Berikan Makanan Bergizi Kepada Pelajar di Waropen
Minuman ini dikenal kaya akan manfaatnya, tidak hanya untuk mengurangi peradangan, teh hijau juga disebut-sebut sebagai minuman wajib bagi mereka yang tengah menjalankan program diet.

Dari daun-daun yang tidak teroksidasi dan merupakan salah satu jenis teh yang paling sedikit diproses. Karena alasan ini pula, teh hijau dikenal sebagai teh paling kaya antioksidan dan polifenol yang bermanfaat.

Tapi apakah kalian tahu apa saja bahaya konsumsi teh hijau berlebih?

Simak beberapa bahaya jika mengonsumsi teh hujau berlebihan dari berbagi sumber.

1. Anemia
Mengutip Healthify Me, teh hijau mengandung pigmen bernama epigallocationchin gallate (EGCG), Anemia ini sendiri disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah dan Zat besi sendiri diperlukan untuk sintesis hemoglobin karena merupakan pigmen pembawa oksigen dalam sel darah merah.

2. Memicu radang usus
Bagi kalian yang mengalami peradangan usus, kandungan EGCG yang berikatan dengan zat besi dapat membatasi penghambatan enzim bernama myeloperoxidae,
enzim tersebut memicu peradangan pada usus.
Biasanya memicu gejala sakit perut intens dan muntah setiap harinya.

3. Toksisitas hati
EGCG, pigmen dalam teh hijau, memang memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, konsentrasi EGCG berlebih membuat hati melepaskan enzim untuk memecah atau memetabolisme kafein. Hal ini bisa menjadi beban tambahan bagi hati dan mengganggu fungsinya yang terlihat di perubahan warna urine.

Perubahan warna urine sendiri diakibatkan kandungan kafein dapat merusak sel-sel hati dan mengakibatkan keracunan yang dapat memicu penyakit kuning serta perubahan warna urine.

4. Kecemasan dan insomnia
Kafein dalam teh hijau merupakan stimulan sistem saraf. Dosis kafein yang berlebih dapat meningkatkan stres dan memicu sulit tidur.

5. Sakit kepala, pusing, dan muntah
Mengutip Style Craze, kafein dosis tinggi juga dapat menyebabkan tekanan darah turun di bawah normal yang disebabkan Efek samping teh hijau dengan kandungan kafein yang ada di dalamnya Keracunan kafein biasanya akan ditandai dengan sakit kepala, mual, muntah, menggigil, jantung berdebar, dan wajah memerah.

6. Tulang melemah
National Osteoporosis Foundation mengingatkan bahwa kafein berlebih dapat mencegah penyerapan kalsium.
Penelitian pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau (GTE) yang berlebih dapat mengurangi tingkat akumulasi tulang, meningkatkan risiko patah tulang, dan mengurangi kepadatan mineral tulang.

7. Sering buang air kecil
Terlalu banyak kafein per hari dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini terjadi karena efek diuretik kafein yang memengaruhi fungsi kandung kemih dengan meningkatkan aktivitas saraf yang mengakibatkan keseringan buang air kecil.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment