Wajib kalian Tahu, Inilah 10 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

2 April 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menjaga kesehatan tulang sangat berpengaruh saat kita usia lansia nantinya, dan Masalah pada tulang tidak hanya dialami pada kalangan usia lanjut saja, namun banyak orang pada usia muda juga mengalami masalah tulang yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat yang dijalani

Gaya hidup serta makanan yang di konsumsi juga mempunyai efek terhadap kesehatan tulang. Maka mulai sekarang cobalah untuk mengubah gaya hidup lebih sehat melalui asupan makanan yang dikonsumsi. Dilansir dari health.com, Minggu (31/1/24)

Simak makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang

1. Susu
Susu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan tidak terkecuali untuk meningkatkan kesehatan tulang. Mengonsumsi susu dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang melalui kandungan yang ada didalamnya yakni seperti kalsium. Menurut pedoman diet pada orang Amerika, beberapa jenis susu banyak mengandung kalsium yang berbeda-beda yakni meliputi:

2. Yogurt
Menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi yoghurt, mempunyai kandungan rendah lemak dan kalsium alami yang baik untuk tulang yakni sekitar 30% dan 45%. Kalsium sangat dibutuhkan tulang karena mengonsumsi 8 ons yogurt tanpa lemak karena mengandung 448-488 miligram kalsium,
dengan mengandung nutrisi didalamnya yakni Vitamin D, Magnesium, Vitamin B12, Riboflavin Yodium.

Baca Juga: Kapolri Pastikan Pengawalan di Daerah Rawan Diberikan Kepada Pemudik

4. Keju
Mengonsumsi keju dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan tulang karena mempunyai kandungan kalsium, mineral, vitamin, dan protein. Banyak sekali jenis keju didunia untuk itu harus mengetahui kandungan kalsium dari masing-masing jenisnya agar dapat memenuhi kalsium yang dibutuhkan tulang.

5. Alternatif susu
Bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi jenis susu hewani seperti susu sapi atau susu kambing karena mengalami intoleransi terhadap laktosa. Jangan khawatir, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi susu alternatif yang terbuat dari nabati. S

6. Ikan sarden
Beberapa jenis ikan dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang salah satunya ikan sarden. Kaya akan kandungan kalsium menjadikan ikan ini sangat bagus untuk tulang, mengonsumsi 3,75 ons sarden kalengan terdapat 351 miligram kalsium dan vitamin D.

7. Ikan salmon
Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang cukup populer dalam dunia kesehatan, ikan ini mempunyai banyak kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengonsumsi ikan salmon dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang karena mempunyai kandungan kalsium sebesar 13 miligram pada 3 ons salmon matang. Salmon juga kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk kesehatan jantung, mata, dan otak.

8. Ikan tuna
Ikan tuna memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tidak terkecuali dalam meningkatkan kesehatan tulang. Mempunyai kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan tulang yakni sebesar 26 miligram pada setiap satu kaleng tuna menjadikan ikan ini dianjurkan untuk dikonsumsi dalam upaya menjaga kesehatan tulang.

9. Kuning telur Kuning telur mempunyai beberapa kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh tidak terkecuali dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kuning telur mempunyai kandungan kalsium yang dibutuhkan tulang yakni sebesar 22 miligram pada setiap satu kuning telur dan terdapat vitamin D yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang.

10. Sayuran hijau
Mengonsumsi beberapa jenis sayuran hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang yakni seperti sayuran kangkung, sawi, bayam, dan pakcoy. Sayuran hijau kaya akan kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment