Wajib Dicoba, Berikut Sederet Cara agar Tingkatkan Kecerdasan Otak

14 November 2023 - 09:14 WIB
Wallhere

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Banyak sejumlah cara yang bisa diupayakan untuk menjaga kesehatan otak. Mulai dari menjaga asupan makanan, rutin berolahraga, hingga melakukan teknik dan game tertentu untuk meningkatkan kemampuan kerja otak.

Menurut Konsultan Neuroscience di Children of Earth Skincare, Dr. Jennifer Newson PhD, bahwa pada dasarnya, kemampuan fungsi otak amat bergantung pada pengalaman. Artinya, sebagian besar kesehatan otak seseorang ditentukan oleh lingkungan tempat tinggal dan pengalaman hidup yang pernah dilalui.

Dilansir dari Children of Earth Skincare, Minggu (12/11/23), berikut beberapa hal yang dapat dicoba untuk membuat otak tetap terjaga kesehatannya, antara lain:

1. Meditasi

Meditasi 30 menit sehari dapat membantu menjaga otak tetap muda dan sehat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Behavioral Brain Research menunjukkan bahwa meditasi setiap hari selama delapan minggu dapat membantu mengurangi perasaan negatif dan kecemasan; dan meningkatkan perhatian, memori kerja, dan memori.

Baca Juga: KPU: Capres-Cawapres Dapat Hak Pengawalan

2. Makan makanan yang sehat dan seimbang

Asupan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Dr Newson menuturkan, dengan mengurangi jumlah makanan olahan dan meningkatkan asupan makanan tinggi nutrisi seperti asam lemak omega-3, flavonoid, vitamin B, D, dan E, serta kolin fungsi kognitif otak akan meningkat.

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

Olahraga teratur sangat bagus untuk kesehatan kognitif, serta kesehatan fisik kita. Temuan dari Journal of Physiology menunjukkan bahwa hanya enam menit latihan intensitas tinggi dapat memperpanjang umur otak yang sehat.

Tidak harus dengan olahraga berat. Aktivitas sesimpel membersihkan rumah dengan semangat, atau sekadar menari di ruang tamu juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan otak.

4. Tidur cukup

Sebuah studi yang dilakukan oleh Nature Aging menyebut bahwa tujuh jam tidur setiap malam adalah jumlah optimal untuk kesehatan kognitif yang baik.

3. Bergaul

Ia menjelaskan, keterlibatan sosial dan membangun hubungan dekat dengan keluarga, teman, dan komunitas merupakan kebiasaan gaya hidup yang baik untuk menjaga kesehatan otak.

"Bersosialisasi dapat merangsang perhatian dan memori, serta membantu memperkuat jaringan saraf," tertera dalam penelitian yang diterbitkan oleh Harvard Health.

4. Lakukan Kegiatan Intelektual

Untuk meningkatkan kemampuan kerja otak, cobalah lakukan game seperti memecahkan teka-teki, membaca buku, mencoba hobi baru, atau bermain video game. Aktivitas ini tidak hanya menimbulkan kesenangan, namun juga meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment