Tidak Pede? Ini Sederet Cara Alami Hilangkan Bruntusan di Wajah

20 December 2023 - 08:00 WIB
Purplle

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Wajah bruntusan menyebabkan rasa tak nyaman hingga menurunkan rasa percaya diri. Tandanya berupa tekstur kulit yang kasar, tidak rata, dan banyak muncul jerawat kecil.

Namun, kondisi ini menyebabkan rasa gatal dan perih saat kulit berkeringat. Ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan alami. Contohnya dengan lidah buaya, minyak jojoba, hingga jus tomat.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (18/12/23), bukan hanya menggunakan perawatan medis pada klinik kecantikan, jerawat dan bruntusan juga bisa kamu atasi menggunakan berbagai bahan alami, antara lain:

1. Minyak jojoba

Minyak jojoba adalah zat lilin alami dari ekstrak biji semak jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, sehingga juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat.

Beberapa senyawa dalam minyak jojoba dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Cara kerjanya dengan mengurangi kemerahan dan bengkak di sekitar jerawat, komedo putih, dan lesi meradang lainnya.
Baca Juga: KASN Terima 219 Aduan Pelanggaran Netralitas ASN selama Masa Kampanye Pemilu

Dalam sebuah studi Clay Jojoba Oil Facial Mask for Lesioned Skin and Mild Acne – Results of a Prospective, Observational Pilot Study yang terbit pada Karger, peneliti memberikan masker wajah tanah liat yang mengandung minyak jojoba kepada 133 orang.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan bruntusan di wajah juga bisa memanfaatkan lidah buaya. Menurut studi berjudul Efficacy of a new non-drug acne therapy: aloe vera gel combined with ultrasound and soft mask for the treatment of mild to severe facial acne, dalam Frontiers in Medicine, menemukan bahwa jumlah benjolan, lesi, dan kulit kering berkurang saat menggunakan lidah buaya. Cara tersebut bisa kamu kombinasikan dengan masker.

3. Putih telur

Selanjutnya, cara menghilangkan bruntusan dalam semalam bisa kamu lakukan dengan putih telur. Di dalamnya mengandung enzim alami yang dapat membantu meratakan tekstur kulit.

Bahan alami ini juga membantu menyamarkan noda hitam dan bekas luka membandel pada wajah.

4. Madu

Langkah selanjutnya, kamu bisa menghilangkan bruntusan dengan madu mentah. Sebab, jenis madu yang sudah matang bisa kehilangan sifat antibakterinya selama tahap pengolahan.

Untuk menghilangkan bruntusan, kamu bisa mencoba jenis madu manuka. Menurut studi penelitian berjudul Honey: its medicinal property and antibacterial activity yang terbit pada Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, madu manuka memiliki efek antibakteri yang lebih besar ketimbang jenis madu lainnya.

Kelebihan lainnya, madu manuka masih memiliki khasiat antibakteri meskipun aktivitas hidrogen peroksida sudah terblokir.

5. Lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon berguna untuk menyamarkan noda dan bekas luka di wajah sehingga efektif sebagai cara menghilangkan jerawat dan bruntusan.

6. Es batu

Bruntusan atau jerawat pasir juga bisa kamu atasi dengan menggunakan es batu. Efek dingin dari es batu dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat pasir untuk sementara.

7. Masker teh hijau

Menggunakan masker teh hijau menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, teh hijau juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit.

Kandungan antioksidan dalam teh hijau berguna sebagai cara menghilangkan jerawat dan bruntusan dengan efektif. Kamu bisa menggunakan teh hijau untuk masker kecantikan.

Penelitian berjudul Antimicrobial properties of green tea catechins yang terbit pada Food Science & Technology Bulletin, juga menemukan kandungan dan khasiat polifenol dalam teh hijau.

Kandungan polifenol tersebut memiliki kemampuan melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Artinya, teh hijau bisa menjadi alat yang berguna untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

8. Oatmeal

Oatmeal juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Bahan alami ini memiliki banyak manfaat untuk wajah, mulai dari meredakan peradangan, mengeksfoliasi kulit wajah secara alami, hingga menstimulasi kolagen kulit.

9. Rosemary

Rosemary terkenal sebagai salah satu rempah yang bisa kamu gunakan untuk membuat aroma pada steak. Namun, jangan salah, menggosokkan rosemary secara lembut pada kulit wajah yang bruntusan, juga bisa membantu meredakan peradangan dan kemerahan.

Alasannya rosemary mengandung antioksidan, antibakteri, dan antiperadangan. Hal ini dipublikasikan dalam Frontiers of Pharmacology dengan judul jurnal Anti-Acne Activity of Italian Medicinal Plants Used for Skin Infection.

Penelitian dalam jurnal tersebut mengatakan bahwa ekstrak rosemary mampu mengurangi peradangan jerawat akibat bakteri P. acnes.

10. Jus tomat

Tomat mengandung tinggi antioksidan dan vitamin A serta C yang dapat menunjang kesehatan kulit wajah. Buah ini juga mengandung likopen yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit akibat bruntusan.

Tak hanya itu, penelitian berjudul The relationship of diet and acne yang terbit pada Dermato-Endocrinology menemukan, vitamin A berperan penting dalam kesehatan kulit.

Studi juga menyebutkan, pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin A memengaruhi perkembangan jerawat. Penyerapan nutrisi tersebut bisa mengatasi gejala sekaligus mencegah perburukannya.

11. Teh hijau

Teh hijau mengandung konsentrasi tinggi antioksidan polifenol yang disebut katekin. Antioksidan membantu tubuh memecah bahan kimia dan produk limbah yang dapat merusak sel-sel sehat pada kulit.

Teh hijau juga mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi produksi sebum kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi peradangan.

Cara menghilangkan bruntusan dalam semalam dengan teh hijau dapat meminum atau mengoleskan ekstrak teh pada kulit. Dengan menggunakan selama 8 minggu, akan terjadi pengurangan bruntusan sebanyak 79–89 persen.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment