Ternyata Kunyit Memiliki Manfaat Untuk Penderita Diabetes

25 October 2023 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kunyit merupakan rempah yang kaya akan manfaatbya salah satu manfaat kunyit adalah untuk penderita diabetes. Kunyit mengandung kurkumin. Zat inilah yang diyakini bisa memberi manfaat untuk meredakan diabetes.

Kurkumin itu sendiri memiliki kasiat untuk membantu mengontrol gula darah. Selai itu, zat ini juga diklaim bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Dilansir dari cnnindonesia, Senin (23/10/23), yang mengutip dari Healthline, kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang berasal dari akar tanaman. Selain memberi rasa yang kuat pada makanan, warna kuning kunyit juga bikin sajian jadi lebih berwarna.

Tidak hanya itu sudah sejak lama Kunyit mempunyai manfaat kesehatan, kunyit telah digunakan untuk pengobatan alami, seperti untuk meningkatkan fungsi hati dan pencernaan, atau untuk mengurangi rasa sakit akibat kondisi seperti arthritis.

Baca Juga: Inilah Buah yang Disarankan Untuk Ibu Hamil Saat Batuk

Kunyit juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan infeksi akibat peradangan. Selain itu, baru-baru ini sebuah penelitian juga menemukan manfaat kunyit untuk penderita diabetes

Tinjauan penelitian pada 2013 lalu menemukan bahwa kurkumin komponen aktif pada kunyit bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, kurkumin juga diklaim bisa menurunkan berbagai komplikasi kesehatan akibat diabetes.

Sebuah ulasan di jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine mengumpulkan lebih dari 200 makalah penelitian tentang hubungan antara diabetes dengan kurkumin pada kunyit.

Dari penelitian itu menunjukkan bahwa kurkumin bisa membantu penderita diabetes dengan berbagai cara yang salah satunya meningkatkan resistensi insulin dan kadar kolesterol.

Saat dimakan langsung, kunyit diyakini bisa membantu mengurangi gula darah ke tingkat yang lebih terkendali. Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan efek ini.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment