Terapi Suara yang Bermanfaat bagi Tubuh, Ini Penjelasan Singing Bowl

27 September 2024 - 06:45 WIB
Insight Timer

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Singing bowl mulanya digunakan untuk meditasi dan ritual keagamaan. Makin berkembangnya zaman, singing bowl dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi berbagai kondisi tertentu.

Singing bowl mulanya digunakan untuk meditasi dan ritual keagamaan. Makin berkembangnya zaman, singing bowl dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi berbagai kondisi tertentu.

Singing bowl berbentuk mangkuk yang terbuat dari campuran logam, terutama perunggu dan kuningan. Mangkuk ini dirancang khusus untuk menghasilkan nada yang beresonansi. Beberapa mangkuk juga terbuat dari kristal kuarsa.

Suara yang dihasilkan dari singing bowl berasal dari gesekan antara batang yang terbuat dari logam atau kayu dan tepi mangkuk. Batang tersebut diberi tekanan konstan dan digerakkan secara melingkar pada tepi mangkuk. Gerakan ini menciptakan suara yang bergetar atau bergema.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (25/9/24), berikut sederet manfaat singing bowl bagi tubuh, antara lain:

1. Meringankan stres

Getaran dan frekuensi dari singing bowl dapat memengaruhi gelombang otak, terutama gelombang alfa dan theta. Gelombang ini menciptakan efek meditasi secara alami di dalam tubuh yang membuat pikiran lebih fokus dan tenang. Dengan begitu, ketegangan di dalam tubuh berkurang dan stres pun mereda.

Suara yang dihasilkan oleh singing bowl juga diketahui dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih relaks.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Singing bowl dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur. Suara dari terapi ini bisa membantu seseorang mencapai kondisi relaksasi yang mendalam dan meredakan kecemasan. Dengan tubuh dan pikiran yang tenang, rasa kantuk bisa cepat muncul dan tidur menjadi lebih nyenyak.

3. Mengatasi kelelahan

Kelelahan karena aktivitas yang padat atau tekanan emosional bisa diatasi dengan melakukan meditasi. Salah satu metode meditasi yang bisa dicoba adalah meditasi dengan singing bowl.

Tak hanya menenangkan pikiran, suara singing bowl juga dapat mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan konsentrasi. Dengan begitu, tubuh kembali berenergi dan Anda pun bisa beraktivitas dengan produktif.

4. Mengatasi depresi

Singing bowl dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi depresi. Perasaan tenang yang diciptakan oleh suara singing bowl bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Dengan pengelolaan stres yang baik, gejala depresi bisa menurun.

Berbagai manfaat singing bowl di atas didukung oleh beberapa penelitian, tetapi hasilnya masih terbatas. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan dampaknya terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment