Tak Perlu Kedokter, Inilah 9 Obat Tradisional Yang Bisa Mengatasi Batuk dan Radang Tenggorokan

22 September 2023 - 07:15 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Cuaca buruk dan polusi udara menjadi penyebab banyak orang yang mengeluhkan penyakit yang sama, seperti batuk dan radang tenggorokan, penyakit ini harus ditangani dengan cepat dan dikasih obat untuk meredakannya.

Tapi apakah semuanya tahu penyakit yang didapat itu bisa diobati dengan obat-obatan tradisional?

Biasanya, gejala ditandai dengan rasa sakit, kering dan gatal pada tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening di area leher, serta suara serak. Rasa sakit semakin terasa saat menelan dan terpapar udara dingin itu merupakan gejala awal dari radang tenggorokan kemudian menjadi salah satu gejala dari penyakit flu dan batuk.

Ketika gejala tersebut menjadi infeksi dan sudah mulai memburuk, sejumlah gejala flu dan batuk juga akan dialami, seperti demam, bersin, sakit kepala, pegal-pegal, batuk berdahak serta hidung berlendir.

Anda tak perlu buru-buru memeriksakan diri ke dokter.

Dilansir dari CNN Indonesia, batuk dan radang tenggorokan bisa diatasi di rumah dengan obat-obatan alami. Melansir berbagai sumber, berikut ini 9 obat alami batuk dan radang tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah.

1. Madu

Madu dapat menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan. Melansir laman Siloam Hospitals, Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, serta antiinflamasi yang diketahui dapat mengatasi radang tenggorokan secara efektif.

Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam teh serta minuman sehat lainnya.

2. Kumur air garam

Garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan, termasuk memecah lendir yang pekat penyebab batuk.

Berkumur dengan secangkir air hangat yang diberi satu sendok teh garam dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Lakukan sebanyak 2 kali setelah sikat gigi pagi dan sebelum tidur malam.

3. Minum Air hangat

Cobalah minum teh hangat saat Anda sakit tenggorokan. Sensasi hangat yang diberikan akan memberikan sedikit kelegaan pada tenggorokan.

"Cairan membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran dan mencegah infeksi sinus," ujar dokter Daniel Allan, mengutip laman Cleveland Clinic.

Suhu hangat sendiri, lanjut Allan, dapat mengurangi batuk dan menenangkan bagian belakang tenggorokan.

Baca Juga:  Studi: Berjalan 5 Menit Usai Makan Dapat Turunkan Kadar Gula Darah

4. Teh chamomile

Mengutip Healthline, sebuah tinjauan literatur menemukan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk di antaranya sakit tenggorokan.

Minum teh chamomile juga menawarkan manfaat yang sama. Teh chamomile dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

5. Kunyit

Karena memiliki senyawa bersifat antibakteri, kunyit dapat dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. Anda bisa menumbuk lalu merebus 1 ruas rempah kuning tersebut di dalam air agar bisa mendapatkan sarinya.

Kemudian, minumlah ramuan herbal tersebut satu kali sehari. Anda juga dapat mencampurkan madu serta perasan air lemon ke dalam larutan sari kunyit agar hasilnya lebih optimal.

6. Air lemon

Perasan air lemon kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang tenggorokan.

Di samping vitamin C, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan.

7. Teh jahe

Obat alami batuk dan radang tenggorokan selanjutnya adalah teh jahe. Teh jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat anti-inflamasi serta analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari radang tenggorokan.

Anda disarankan untuk meminum teh jahe selagi masih hangat agar dapat melegakan radang tenggorokan dengan lebih optimal.

8. Bawang putih

Bawang putih mengandung alicin atau senyawa yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi. Sebuah ulasan mencatat, konsumsi bawang putih dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih sebagai salah satu cara alami meredakan sakit tenggorokan. Namun, jangan lupa menyikat gigi setelahnya.

9. Teh peppermint

Peppermint dikenal akan kemampuannya dalam melegakan napas. Selain itu, peppermint juga mengandung senyawa mentol yang membantu mengencerkan lendir dan menenangkan sakit tenggorokan.

Selain dikonsumsi dalam bentuk teh, Anda juga bisa membuat semprotan minyak peppermint. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint food grade dengan 30 mililiter minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak almond, dan minyak kelapa.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment