Tak Hanya jadi Bahan Makanan, Ini 5 Manfaat Kacang Poro Perang bagi Tubuh

11 December 2023 - 06:45 WIB
Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Biji kacang koro pedang merupakan salah satu jenis kacang lokal yang termasuk dalam kelompok kacang polong (legume), dikenal dengan Jack Bean, pada umumnya biji kacang koro pedang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan baku pembuatan tempe.

Kacang ini ternyata memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Karena mengandung kalori, protein, dan karbohidrat yang cukup tinggi, kacang koro pedang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (10/12/23), berikut sederet khasiat kacang koro pedang bagi tubuh, antara lain:

Baca Juga: Jaksa Agung Sebut Korupsi Dapat Menghambat Kemajuan Bangsa

1. Diolah Menjadi Makanan Sehat

Kacang koro pedang dapat diolah menjadi bahan makanan, seperti tempe dan kecap manis. Tak hanya itu, sari kacang koro pedang juga mengandung asam amino esensial seperti pada susu hewani. Nah, sari kacang poro dapat dimanfaatkan menjadi produk pangan olahan seperti susu fermentasi.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi kacang koro pedang ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Soalnya, kacang koro pedang mengandung salkaloid triptamin dan tannin yang dapat menurunkan hipertensi.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Rutin mengonsumsi kacang koro pedang juga mampu menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa L-Dopa, lesitin, dan tannin di dalam kacang koro pedang.

4. Menjaga Sel Darah Putih

Kandungan tembaga pada kacang koro pedang ternyata dapat membantu menjaga sel darah putih. Fungsi sel darah putih di dalam tubuh adalah dapat menghancurkan patogen dan mencegah radikal bebas.

5. Mengatasi Peradangan

Kacang koro pedang mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mengatasi peradangan. Tak hanya itu, kandungan senyawa tersebut juga turut meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment