Stop Bermain Handphone di Tempat Gelap

26 April 2023 - 07:30 WIB
Foto: pexels.com

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kegunaan ponsel (handphone/hp) dalam kehidupan sehari-hari memang menjadi hal yang krusial. Bahkan, kini hp ibarat kebutuhan utama yang harus dilengkapi oleh segelintir orang. Karena segala informasi bisa didapatkan dengan mudah hanya melalui hp. Berdalih tak ingin ketinggalan informasi, kerap kali seseorang selalu menatap layar ponselnya dalam kondisi apapun. Bahkan, kondisi gelap sekalipun tetap memainkan hp demi mendapatkan informasi terbaru.

Tapi tahukah Anda, layar hp memiliki sinar biru yang terpancar dan dapat mengganggu kesehatan mata? Ternyata, sinar biru yang dipancarkan melalui layar digital seperti smartphone bisa menjadi racun bagi mata. Inilah bahaya main hp di tempat gelap, seperti dilansir dari beautynasia.id, Selasa (25/4/23).

1. Merusak Retina Mata
Cahaya biru yang terpancar dari layar gadget seperti HP dan komputer mungkin terlihat tidak berbahaya. Tapi menurut penelitian, cahaya tersebut bisa mengancam kesehatan mata.

Seorang peneliti dari Universitas Toledo mengatakan, kalau cahaya biru dari layar bisa merusak retina mata jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Hal ini disebabkan karena cahaya biru memiliki gelombang pendek, tapi mengandung energi yang banyak. Sehingga bisa mematikan sel-sel penglihatan mata kamu.

Baca Juga:  Pelaku Begal Sadis di Makassar Diduga Jebolan Ormas B120

2. Terganggunya Waktu Tidur
Seorang pakar kesehatan tidur, Michelle Drerup, PsyD, DBSM menjelaskan, ketika tubuh bersiap untuk tidur, hormon kantuk yaitu melatonin akan dilepaskan dan terjadi penurunan suhu tubuh. Tapi kalau mengecek hp, otak akan terdistraksi karena stimulus cahaya dari hp. Sehingga tubuh menjadi siaga dan menyebabkan kamu jadi sulit tidur.

3. Berisiko Terjadinya Kanker
Studi yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menunjukkan, paparan sinar biru dari gadget meningkatkan risiko terkena kanker. Seperti yang dilansir dari Moffit Cancer Center, peneliti mengukur hubungan antara paparan cahaya artifisial di indoor dan outdoor dan menemukan bahwa paparan cahaya biru dua kali lipat meningkatkan risiko kanker prostat bagi laki-laki. Sehingga meningkatkan terjadinya kanker payudara sebanyak 50 persen bagi perempuan.

Peneliti kanker bernama Dr. Brian D. Gonzalez mengatakan, kalau cahaya biru mengganggu ritme tidur tubuh yang diasosiasikan sebagai penyebab terjadinya kanker.

4. Melemahnya Kinerja Otak
Saat tubuh tidak mendapatkan porsi tidur yang cukup, maka kemampuan otak akan menurun. Recovery sel di otak akan terganggu dan konektivitas sel neuron di hippocampus akan menurun sehingga daya ingat menurun.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment