Spearmint Tea, Ini Sederet Khasiatnya bagi Kesehatan Tubuh

27 July 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Spearmint merupakan salah satu jenis tumbuhan mint yang mengandung antioksidan tinggi. Tumbuhan ini sering dijadikan sebagai campuran bahan untuk permen karet, minyak aromaterapi, dan parfum.

Tak hanya mengandung antioksidan yang tinggi, spearmint tea juga mengandung vitamin C, zat besi, asam folat, asam rosmarinic, dan antioksidan polifenol. Kandungan inilah yang membuat spearmint tea menjadi sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti merawat kulit, melancarkan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (24/7/24), berikut sederet manfaat Spearmint tea bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh, antara lain:

1. Mengatasi peradangan

Spearmint tea sering digunakan untuk merawat kulit. Hal ini karena teh spearmint mengandung sifat antiperadangan yang mampu mengatasi peradangan pada kulit akibat jerawat sampai psoriasis.

Tak hanya itu, spearmint tea juga bersifat antijamur sehingga mampu mengatasi infeksi dan gatal yang diakibatkan oleh jamur, seperti panu dan jamur kuku.

2. Merawat rambut

Daun spearmint mengandung antibakteri dan antijamur yang mampu mengatasi kulit kepala gatal, kering, dan berketombe. Selain itu, daun spearmint bisa mengurangi kerontokan rambut. Hal ini karena spearmint mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga folikel rambut terangsang untuk menumbuhkan rambut yang lebih sehat dan kuat.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi spearmint tea atau menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak spearmint.

3. Melancarkan pencernaan

Spearmint tea mampu membantu proses pencernaan sehingga makanan dapat tercerna dengan baik dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, diare bisa dicegah.

Tak hanya itu, spearmint tea juga mampu meringankan gangguan pencernaan, seperti penumpukan gas di usus dan lambung. Hal ini karena spearmint tea mengandung senyawa carvone yang berfungsi untuk mencegah produksi gas berlebih di usus dan lambung, sehingga kembung dan kram perut teratasi.

4. Mengurangi rasa sakit

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi spearmint tea setiap hari selama 4 bulan mampu mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis. Hal ini karena spearmint tea mengandung senyawa carvone, limonene, dan menthol yang terbukti mampu mengurangi nyeri akibat osteoarthritis.

Tak hanya itu, spearmint tea dapat membantu mengatasi kram perut yang diakibatkan oleh nyeri menstruasi. Namun, manfaat spearmint tea dalam mengurangi rasa sakit ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Mencegah gejala alergi

Di dalam spearmint tea terdapat kandungan asam rosmarinic yang memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Kandungan ini mampu menurunkan respons imun tubuh terhadap serbuk sari sehingga gejala alergi, seperti sesak napas, bersin-bersin, dan hidung tersumbat, dapat dihindari

Antioksidan yang terkandung di dalam spearmint tea juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan dan mengurangi kekambuhan asma.

6. Meningkatkan daya ingat

Rutin mengonsumsi spearmint tea mampu meningkatkan daya ingat otak. Hal ini didukung oleh penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi spearmint pada orang-orang lanjut usia dapat meningkatkan fungsi daya ingatnya. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk lebih memastikan manfaat spearmint tea ini.

7. Mengurangi tingkat stres

Tak hanya meningkatkan kemampuan memori otak, spearmint tea juga mampu meningkatkan mood dan mengurangi tingkat stres. Hal ini karena kandungan menthol pada spearmint tea yang mampu memberikan efek menenangkan dan relaksasi bagi tubuh.

Tak hanya itu, minum spearmint tea dapat mengatasi ketegangan yang dialami tubuh akibat rasa cemas, gugup, atau emosi berlebih. Dengan begitu, suasana hati, fokus, dan konsentrasi bisa membaik.

8. Menjaga kesehatan rongga mulut

Sifat antibakteri dan antiseptik yang dimiliki spearmint tea bermanfaat untuk melawan kuman penyebab penyakit di dalam mulut, terutama bakteri E. Coli dan Listeria. Dengan demikian, spearmint tea bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dari infeksi mulut dan gigi.

9. Menyeimbangkan hormon wanita

Rutin minum spearmint tea setiap hari mampu mengatasi tumbuhnya kumis dan jenggot di wajah wanita yang disebabkan oleh peningkatan jumlah hormon pria. Hal ini karena spearmint tea dipercaya mampu menurunkan hormon maskulin yang ada pada wanita, termasuk hormon testosteron, dan meningkatkan hormon yang diperlukan untuk ovulasi.

10. Menurunkan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa minum spearmint tea mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena cara kerjanya mirip dengan obat tekanan darah. Manfaat spearmint tea ini terjadi karena kandungan senyawa carvone pada daun spearmint.

Perlu diperhatikan bahwa berbagai manfaat spearmint untuk tubuh di atas memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi teh yang menyegarkan ini.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment