Simak Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

8 August 2023 - 07:15 WIB
Foto: Halodoc

www.tribratanews.com - Beberapa orang mungkin hanya tahu kunyit dengan warna kuning, namun ternyata ada satu jenis kunyit lain yang berwarna putih. Meski belum banyak dikenal, kunyit putih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Adapun manfaat kunyit putih bagi kesehatan berasal dari kandungan kurkumin dan terpenoid di dalam tanaman. Kedua zat tersebut berperan sebagai antioksidan dan bersifat antikanker, antiradang, dan antinyeri.

Dilansir dari pmjnews.com, Senin (7/8/23), berikut manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kunyit putih dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti mual, nyeri perut, kembung, dan gerakan usus yang tidak normal. Ekstrak kunyit putih yang dapat digunakan bisa dalam bentuk minyak yang dioleskan atau dikonsumsi secara langsung.

Baca Juga:  Polisi Buru Pelaku Pembegalan Pegawai Minimarket di Tangsel

2. Anti Kanker

Kunyit putih memiliki peranan penting untuk menghambat penyebaran sel kanker dari satu organ ke tempat lain. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah Diabetes

Manfaat ini terjadi berkat kandungan kurkumin di dalamnya. Nutrisi tersebut bersifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah resistensi insulin, kenaikan kadar gula darah, serta lemak tubuh.

4. Mengatasi Infeksi

Kunyit putih memiliki kandungan yang berpotensi untuk melawan berbagai jenis bakteri seperti E. coli, S. Aureus, dan Corynebacterium. Tidak hanya bakteri, konsumsi kunyit putih juga dapat mencegah pertumbuhan atau infeksi jamur.

5. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan yang disebabkan oleh produksi lendir yang berlebih dapat menimbulkan keluhan berupa kesulitan bernapas. Dengan konsumsi kunyit putih, dapat membantu menurunkan produksi lendir pada saluran pernapasan.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment