Pisang Ambon, Ini Khasiat yang Melimpah bagi Tubuh

2 September 2024 - 06:45 WIB
Allofresh

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Manfaat pisang ambon berasal dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Pisang ambon mengandung nutrisi makro dan mikro, seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, fosfor, beta karoten, magnesium, fosfor, kalium, folat, kolin, dan vitamin C.

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam pisang ambon, sering mengonsumsi buah ini bisa memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan secara menyeluruh maupun membuat kulit lebih segar.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (30/8/24), berikut sederet manfaat pisang ambon yang sangat melimpah bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit

Manfaat pisang ambon yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Ini karena semua jenis pisang, termasuk pisang ambon, mengandung serat pektin yang baik untuk kesehatan saluran cerna.

Dengan pencernaan yang sehat, kamu bisa BAB dengan lancar dan nyaman, sehingga bisa terhindar dari sembelit. Serat di dalam pisang ini juga baik untuk membuat tekstur kotoran jadi lebih lembut sehingga mudah dikeluarkan saat BAB.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ada kabar baik nih bagi yang suka makan pisang ambon. Kandungan kalium dan antioksidan di dalam pisang ini bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga aliran darah tetap lancar dan tekanan darah pun lebih terkontrol.

Dengan begitu, tubuh pun akan terhindar dari penyakit darah tinggi (hipertensi). Selain itu, pisang ambon juga bisa mengurangi kadar kolesterol, sehingga bisa mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah jantung maupun otak.

3. Memperkuat tulang

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah memperkuat tulang. Ini karena pisang merupakan buah yang mengandung sejumlah mineral penting untuk tulang, seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Agar tulang selalu sehat, pastikan kamu juga mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, sayuran berdaun hijau, ikan, kacang-kacangan, serta susu, ya.

4. Mengurangi berat badan

Sama seperti pisang jenis lainnya, pisang ambon juga baik untuk yang lagi diet, nih. Ini karena buah pisang mengandung kalori yang rendah, tetapi bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Dengan begitu, keinginanmu untuk ngemil makanan tidak sehat jadi berkurang. Bonusnya, berat badan bisa berangsur berkurang, apalagi jika kamu rutin berolahraga juga, ya.

5. Mengatasi mual dan muntah

Kandungan vitamin B6 di dalam pisang ambon memiliki manfaat luar biasa untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Makanya, buah ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness.

6. Mencegah dan meredakan kram otot

Bagi kamu yang sering mengeluh kram, nyeri otot, dan pegal-pegal setelah berolahraga atau beraktivitas, coba deh mulai perbanyak konsumsi pisang ambon.

Kandungan kalium, kalsium, dan magnesium di dalam pisang ini terbukti bisa mengurangi keluhan kram. Buah ini juga bisa mengurangi keluhan kaki kram pada ibu hamil dan kram perut saat menstruasi.

7. Memperkuat imunitas tubuh

Pisang mengandung serat, antioksidan, vitamin C, dan beta karoten yang akan diolah tubuh menjadi vitamin A. Semua nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas. Dengan imunitas yang kuat, tubuh pun jadi tidak mudah terpapar kuman penyebab penyakit sehingga kamu dapat terhindar dari infeksi, seperti flu.

8. Membuat tubuh berstamina

Lagi sibuk kerja tapi perut keroncongan? Coba makan buah pisang ambon saja. Kandungan serat dan karbohidratnya cukup mengganjal perut yang sedang kosong. Selain itu, karbohidrat dan gula di dalam buah ini juga bisa memberikan energi sehingga tubuh akan lebih berstamina dan kuat untuk beraktivitas.

9. Membuat kulit lebih sehat dan cerah

Kandungan antioksidan, vitamin C, kalium, vitamin B6, dan beta karoten sebagai provitamin A di dalam buah pisang, rupanya sangat baik untuk kesehatan kulit juga, lho.

Tak hanya bisa dikonsumsi langsung, rutin menggunakan masker pisang untuk wajah dipercaya bisa mencegah jerawat, membuat kulit lebih cerah dan kenyal, serta mengurangi munculnya kerutan di wajah. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

10. Membantu memperbaiki mood

Manfaat pisang ambon berikutnya adalah bisa meningkatkan daya ingat. Ini karena pisang mengandung triptofan, yakni sejenis asam amino. Di dalam tubuh, nutrisi ini akan diubah menjadi serotonin, yakni hormon yang berperan penting dalam meningkatkan suasana hati.

11. Mencegah terjadinya kanker

Antioksidan di dalam buah pisang terbukti bisa mencegah terjadinya kanker. Ini karena antioksidan bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment