Pemprov DKI Gencarkan Vaksin Cacar Monyet

2 November 2023 - 09:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggencarkan vaksin cacar monyet dan memperluas penelusuran (tracing), menyusul bertambahnya kasus tersebut di Ibu Kota. 

"Kemarin Pak Menkes (Budi Gunadi Sadikin) sudah sampaikan 22 kasus, itu hasil 'tracing' yang diminta oleh Pemprov dan Kemenkes pada Dinkes. Terus aksinya bagaimana? Aksinya adalah kami vaksin," ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Rabu (1/11/23).

Bagi pasien yang mengalami penyakit cacar monyet, kata dia, akan diisolasi di rumah sakit. "Stok vaksin (Mpox) ada. Kami isolasi yang terkena cacar monyet," tutur Pj. Gubernur Heru.

Baca Juga:  Hari Ini, Presiden Jokowi Bakal Groundbreaking Bandara dan Infrastruktur Lain di IKN

Menurut dia, kasus cacar monyet yang ditemukan di Jakarta berasal dari komunitas tertentu dan pihaknya akan melokalisir ke sana. "Insya Allah itu hanya komunitas tertentu saja. Kita lokalisir ke situ," ujar Pj. Gubernur Heru.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi adanya tambahan kasus cacar monyet di Indonesia hingga Selasa (31/10/23) sudah 27 kasus.

Berdasarkan domisili, 22 kasus aktif di DKI Jakarta, empat kasus aktif di Banten dan satu kasus aktif di Bandung.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment