Pegal Hilang Pikiran Tenang, Ini Khasiat Mandi Air Garam bagi Tubuh

18 August 2024 - 08:06 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Apa ada cara sederhana buat meredakan tubuh pegal sekaligus menenangkan pikiran? Ternyata ada. Anda cukup mandi air garam Setelah aktivitas seharian, rasanya lelah dan ingin segera beranjak ke kasur.

Psikiater senior, Jyoti Kapoor menyebutkan, mandi air garam mampu mendatangkan manfaat buat tubuh dan pikiran. Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (14/8/24), berikut sederet manfaat mandi air garam bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meredakan nyeri otot dan sakit kepala

Mandi air garam dapat membantu mengatasi nyeri otot bahkan sakit kepala. Otot makin rileks saat Anda menambahkan beberapa tetes minyak atsiri (essential oil).

2. Meringankan nyeri sendi

Pada orang dengan arthritis atau nyeri sendi, mandi air garam membantu meredakan nyeri pada persendian.

"Mandi air garam epsom hangat akan membantu meredakan otot yang tegang setelah berolahraga serta persendian kaku dan nyeri. Garam mandi juga dapat digunakan untuk menargetkan sendi dan daerah tubuh tertentu," ujar Kapoor.

3. Melancarkan peredaran darah

Berendam air hangat yang diberi garam laut dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Peredaran darah yang lancar memberikan manfaat meningkatkan sistem kekebalan, membantu fungsi saraf dan berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menenangkan pikiran

Mandi air garam terutama garam epsom bekerja dengan baik untuk meredakan stres. Garam epsom membantu otak memproduksi neurotransmitter pereda stres seperti serotonin karena kandungan magnesiumnya yang tinggi.

Melansir dari News18, jika tak banyak waktu untuk berendam atau mandi air garam, cukup rendam kaki dengan air garam epsom untuk membantu tubuh lebih tenang dan meredakan lelah.

5. Tidur lebih nyenyak

Mandi air hangat dapat membantu tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Manfaat ini bakal berlipat saat Anda menambahkan garam. Mandi air garam membantu mempercepat proses produksi melatonin dan bikin tidur lebih cepat serta nyenyak.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment