Para Insomnia Harus Tahu, Ini dia 5 Tips Atasi Insomnia Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak

6 October 2023 - 22:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tidur merupakan hal wajib yang dibutuhkan oleh tubuh kita, tetapi adapun tubuh kita tidak merasa kantuk saat lagi beristirahat atau disebut dengan insomnia, maka karena itu tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi insomnia dan bisa tidur dengan nyenyak di waktu yang tepat untuk istirahat di malam hari.

Insomnia adalah suatu keadaan yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Kondisi ini dapat menyerang semua golongan usia.

Berikut cara mengobati insomnia supaya bisa tidur nyenyak.

1. Pijat

Pada studi tahun 2015, peneliti menemukan bahwa terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia karena dapat mengurangi perasaan sakit, kecemasan, dan depresi dan juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan disfungsi pada siang hari.

2. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.  Hal ini dapat meningkatkan mood Anda, memberi lebih banyak energi, membantu menurunkan berat badan, karena olahraga membuat badan kita kecapekan karena mengeluarkan energi tambahan sehingga meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga:  Inilah Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Mencerdaskan Otak

3. Yoga

Yoga dipercaya memiliki efek positif pada kualitas tidur. Olahraga ini sama dengan meditasi, di mana dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental.

Pilih gaya yang lebih berfokus pada meditasi bergerak, atau latihan pernapasan sebagai lawan dari gerakan fisik yang sulit. Gerakan lambat dan terkontrol memungkinkan Anda untuk tetap hadir dan fokus. Yin dan yoga restoratif adalah pilihan tepat.

4. Stop Overthinking

Overthinking, yakni terlalu banyak hal-hal yang dipikirkan padahal itu belum tentu menjadi kenyataan Salah merupakan satu penyebab orang sering begadang atau insomnia.

Orang yang sering overthinking akan mengganggu ketenangan Anda, khususnya saat akan beristirahat. Maka dari itu hilangkan dulu pemikiran dan prasangka-prasangka negatif yang terlintas di pikiran.

5. Hindari Bekerja di Tempat Tidur

Sebelum tidur, usahakan hindari dan buang pikiran tentang pekerjaan apalagi harus bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda bisa lebih rileks. Selain itu, hindari pula penggunaan peralatan elektronik, seperti TV dan telepon genggam saat akan menjelang tidur.

Lima cara ini dapat menjadikan Anda tidur lebih nyenyak, berkualitas. Disarankan juga Anda sebaiknya mematikan lampu tidur di kamar saat akan tidur.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment