Mudah, Ini 8 Cara Atasi Sakit pada Ulu Hati Secara Alami

5 November 2023 - 20:00 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Sebagian besar orang pernah mengalami sakit pada ulu hati. Biasanya, sakit atau nyeri pada ulu hati terjadi ketika asam lambung mulai naik hingga ke kerongkongan.

Tentunya hal ini menimbulkan rasa tak nyaman. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat yang cepat dan praktis.

Baca Juga: Ganda Campuran Indonesia Rehan-Lisa Tembus ke Final Hylo Open 2023


Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (5/11/23), berikut sederet cara mengatasi sakit ulu hati secara alami, antara lain:

1. Makan Pisang Matang

Mengonsumsi pisang matang ternyata bisa menjadi cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat. Pasalnya, pisang mengandung potasium tinggi sehingga membuatnya menjadi makanan yang cukup basa. Hal inilah yang membuat pisang dapat membantu melawan asam lambung yang memicu terjadinya sakit ulu hati.

Perlu diingat, konsumsilah pisang yang sudah matang. Sebab jika mengonsumsi pisang yang masih mentah, malah bisa memicu asam lambung naik pada sebagian orang.

2. Minum Teh Jahe

Jahe adalah salah satu bahan yang sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Salah satu khasiat jahe sendiri yakni meredakan sakit pada ulu hati serta menghilangkan mual akibat asam lambung.

Salah satu cara terbaik mengonsumsi jahe untuk mengatasi sakit ulu hati adalah dengan mencampurkannya ke dalam teh untuk diminum. Agar khasiatnya lebih nendang, coba campurkan madu yang juga bisa membantu mengatasi asam lambung.

3. Mengunyah Permen Karet

Cara menarik untuk mengatasi sakit ulu hati adalah dengan mengunyah permen karet. Dikutip dari Medical News Today, mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur, yang mana bisa membantu menetralisir asam lambung dan mengurangi gejala nyeri pada ulu hati.

4. Melonggarkan Pakaian yang Menekan Perut

Terkadang, sakit ulu hati akibat asam lambung bisa disebabkan oleh pakaian ketat yang menekan area perut. Untuk mengatasinya, bisa dengan melonggarkan baju atau celana yang menekan tersebut.

Tentunya akan lebih baik lagi jika segera mengganti pakaian dengan yang lebih longgar. Sehingga, ulu hati menjadi tidak tertekan dan menimbulkan rasa nyeri.

5. Minum Ekstrak Licorice

Sama seperti jahe, akar licorice dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi sakit ulu hati akibat asam lambung naik. Dikutip dari Healthline, ekstrak licorice dapat membantu meningkatkan lapisan lendir dalam kerongkongan, sehingga melindunginya dari kerusakan asam lambung yang menyebabkan terjadinya nyeri pada ulu hati.

6. Kelola Stres

Stres berkepanjangan dapat memengaruhi fungsi pencernaan. Semakin lama makanan berada di perut, semakin besar pula kemungkinan asam lambung terjadi dan memicu rasa nyeri pada ulu hati.

Karena itu, penting untuk mengelola stres sehingga tidak memicu ataupun memperparah kondisi asam lambung yang bisa menyebabkan sakit ulu hati.

7. Berbaring dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Dikutip dari Harvard Health, berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi bisa membantu mengatasi rasa sakit pada ulu hati. Adapun posisi kepala yang ideal yakni sekitar 15-20 cm lebih tinggi dari kaki.

Agar tidak mengganggu kenyamanan saat beristirahat, letakkan ganjalan di bawah bantal untuk meninggikan posisi kepala dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

8. Turunkan Berat Badan

Berat badan berlebih hingga obesitas dapat memberi tekanan ekstra pada perut, sehingga meningkatkan risiko sakit ulu hati dan asam lambung. Jika mengalami kondisi seperti ini, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menurunkan berat badan ke angka yang ideal.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment