Mudah Diterapkan, Begini Lima Tips Cegah Penyempitan Pembuluh Darah

7 August 2024 - 08:00 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis merupakan kondisi ketika dinding pembuluh darah mengalami penebalan akibat plak. Hal ini bisa memicu gangguan kesehatan seperti penyakit jantung koroner.

Melihat dampat yang sangat berbahaya, tentunya penting diketahui bagaimana cara mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips pencegahannya:

1. Konsumsi Makanan Sehat
Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Mengutip MayoClinic, pola makan sehat dapat membantu mengendalikan berat badan, tekanan darah hingga kolesterol dalam tubuh.

Selain memperbanyak makan buah, Anda bisa memakai lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun. Lalu, jangan lupa untuk mengurangi atau bahkan menghindari gula.

2. Mengurangi Stres
Stres berlebih ternyata juga berpotensi meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah. Maka itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengelola rasa stres dalam diri agar tidak berlebihan.

Mengutip WebMD, Anda bisa mengurangi rasa stres melalui kegiatan seperti yoga atau relaksasi. Latihan-latihan ini dapat membantu menurunllfdlkjkan tekanan darah sementara waktu, sehingga mengurangi risiko terkena aterosklerosis.

3. Berhenti Merokok
Rokok memang telah dikenal bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kandungan nikotin di dalamnya dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras.

Berhenti merokok adalah cara bijak untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Jika belum bisa sepenuhnya, Anda dapat mulai meninggalkannya secara perlahan.

4. Jaga Berat
Badan Ideal Berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Untuk diketahui, berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner yang disebabkan oleh aterosklerosis.

Menurunkan berat badan sedikit saja dapat membantu mengurangi risiko tersebut. Hal ini bisa dilakukan melalui diet sehat atau mengikuti program olahraga.

5. Olahraga Rutin
Berolahraga secara teratur akan menjaga tekanan darah tetap sehat dan melancarkan aliran darah. Maka itu, Anda tidak boleh malas berolahraga. Tak perlu dalam durasi lama atau olahraga berat, lakukan saja secara perlahan namun konsisten.

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment