Mudah Dijumpai di Dapur, Ini 7 Makanan Penurun Darah Tinggi Bagi Pengidap Hipertensi

14 September 2023 - 22:00 WIB
Foto: Unsplash

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi serius. Karena hipertensi dapat menyebabkan pecah pembuluh darah dan menjadi faktor risiko terjadinya stroke hemoragik.

Dengan demikian, bagi seseorang yang memiliki riwayat hipertensi, sangat penting untuk mulai mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat sejak saat ini. Dilansir dari Healthline, Rabu (13/9/23), berikut makanan yang memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah:

1. Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C, serat, kalium dan magnesium yang dapat mengontrol tekanan darah manusia. Selain itu kiwi mengandung senyawa polifenol dan antioksidan. Maka dari itu, peneliti percaya bahwa buah kiwi memiliki peran penting untuk menurunkan faktor risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Herbal dan Rempah-rempah

Beberapa rempah-rempah dan herbal memiliki senyawa kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan membantu merelaksasikan pembuluh darah. Herbal dan rempah-rempah yang berperan penting untuk membantu menurunkan tekanan darah yaitu bawang putih, serai, jahe, kayu manis, biji seledri, jintan dan ginseng.

3. Kentang

Bagi seseorang yang ingin mengubah pola makan, dapat menggunakan kentang sebagai pengganti karbohidrat pada nasi. Kentang memiliki beberapa senyawa berbasis tanaman yang mampu mengontrol tingkat tekanan darah seseorang. Kentang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dipanggang atau dikukus.

Baca Juga:  [Disinformasi] PSSI Blacklist Persija

4. Telur

Telur adalah makanan yang mudah kita temui di mana pun. Selain kaya akan nutrisi, telah dibuktikan bahwa telur dapat menjadi makanan seimbang yang dapat mengontrol tekanan darah seseorang.

Studi tahun 2023 yang melibatkan 2.349 orang dewasa di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lima telur atau lebih per minggu, memiliki tingkat SBP 2,5 mm Hg lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi kurang dari satu telur per minggu.

5. Wortel

Selain rasanya yang enak, wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu perawatan pada mata seseorang. Wortel juga memiliki senyawa berbasis tanaman yang tinggi, yakni berperan dalam mengontrol tekanan darah.

Seseorang yang mengonsumsi jus wortel murni setiap harinya juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Setiap 100 gram wortel, kemungkinan dapat mengurangi tekanan darah tinggi sebesar 10 persen.

6. Yoghurt

Kalium dan kalsium yang terkandung pada yoghurt memiliki peran penting untuk mengatur tekanan darah. Seseorang yang memiliki riwayat hipertensi dapat mengonsumsi yoghurt sebanyak 5 hingga 6 kali dalam seminggu. Konsumsilah yoghurt dalam keadaan plain ataupun dapat dicampur dengan buah-buahan, granola dan oat.

7. Minyak Zaitun

Bagi seseorang yang mengidap hipertensi dan ingin mengubah pola makan, dapat dimulai dengan mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun. Lantaran, minyak dari buah zaitun ini memiliki manfaat yaitu menurunkan tekanan darah dan mencegah faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment