Mengenal Manfaat Minum Air Dingin dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

13 October 2023 - 21:30 WIB
Foto: KlikDokter

Tribratanews.tribratanews.com - Temperatur air yang diminum akan berpengaruh pada produksi keringat serta kemampuan tubuh untuk mengembalikan keringat yang hilang. Namun air dingin juga memiliki efek buruk bagi kesehatan seperti minum air dingin bisa memperparah gejala Achalasia yang merupakan penyakit keturunan.

Berikut beberapa manfaat dan efek samping jika meminum air dingin yang di kutip dari beberapa sumber.

Manfaat Minum Air Dingin

1. Meningkatkan Performa Ketika Berolah Raga

Minum air dingin ketika berolahraga bisa membuat suhu inti tubuh, yang meliputi dada, kepala, dan abdomen, tidak mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan yang tidak minum air dingin.

2.  Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa minum air dingin bisa membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan air bersuhu normal sehingga disarankan untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Menurut Healthline, minuman yang dingin bisa menurunkan berat badan dengan lebih baik karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu inti.

Namun, minum air dingin saja tidak bisa dikatakan bisa menurunkan berat badan dengan efektif karena perlu dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olahraga.

Baca Juga:  Jangan Anggap Remeh, Terlalu Lama Terpapar AC dapat Timbulkan Dampak Negatif Bagi Kesehatan

Kedua manfaat tersebut masih diperdebatkan karena sedikitnya penelitian yang dilakukan.

Bahkan, banyak ahli yang beranggapan bahwa minum air dengan suhu normal dan minum air dingin akan memberikan efek yang sama terhadap tubuh.

Efek Samping Minum Air Dingin

Meski sering dianggap menyegarkan untuk diminum saat cuaca panas, air minum yang dingin juga memberi efek negatif bagi tubuh.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa efek meminum minuman dingin.

1. Membuat ingus mengental sehingga tidak bisa dikeluarkan dengan mudah melalui saluran pernapasan, khususnya pada penderita flu.

2. Memperparah gejala penyakit tertentu, seperti migrain

3. Memperparah gejala Achalasia, atau kondisi medis di mana makanan tidak bisa melewati kerongkongan dengan baik

Tetapi bagaimanapun memperhatikan asupan cairan untuk tubuh adalah hal yang penting.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment