Masalah Keputihan? Ini Sederet Asupan yang Ampuh Mengatasinya

11 July 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Keputihan merupakan salah satu kondisi yang normal terjadi pada wanita, terutama menjelang menstruasi. Terkadang, kondisi keputihan pada organ reproduksi dapat menimbulkan ketidaknyamanan akibat rasa gatal yang kadang ikut muncul.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, selain rajin membersihkan daerah vagina dengan benar, keputihan juga dapat diatasi melalui konsumsi beberapa makanan.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (8/7/24), berikut sederet asupan yang ampuh atasi masalah keputihan, antara lain:

1.  Pisang Ampuh Mengatasi Keputihan

Salah satu buah-buahan yang bermanfaat menghilangkan keputihan adalah pisang. Wanita yang mengalami keputihan dapat untuk mengonsumsi dua buah pisang setiap harinya agar bebas dari keputihan.

Tak hanya itu, pisang juga dapat menjadi pengganti gula, karena wanita pengidap keputihan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gula berlebihan.

2.  Sayuran Hijau

Manfaat sayuran hijau untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Khususnya untuk wanita, konsumsi sayuran hijau sangat bermanfaat dalam mencegah keputihan karena dapat membantu menghilangkan jamur penyebabnya.

Tak hanya itu, sayuran hijau juga bisa menangkal radikal bebas secara alami bagi tubuh. Beberapa contoh sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi termasuk kangkung, bayam, dan berbagai jenis sayuran lainnya sesuai dengan seleramu.

3.  Susu juga Ampuh Mengatasi Keputihan

Susu berfungsi mengurangi produksi keputihan dan menjaganya untuk tetap normal. Minuman ini juga dapat memberimu banyak energi agar tidak lemas, terutama saat masa keputihan datang.

4.  Yoghurt

Yoghurt tidak hanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah, tapi juga dapat menghilangkan keputihan, lho.

Kandungan alami yang terdapat pada yoghurt mampu menghilangkan jamur di dalam tubuh, termasuk di dalam vagina, sehingga menjadikan vagina bersih dan bebas dari keputihan.

5.  Daun Sirih Ampuh Mengatasi Keputihan

Daun sirih dikenal memiliki banyak khasiat untuk kewanitaan. Tak hanya dapat mengurangi bau badan, daun sirih juga berkhasiat mengobati keputihan. Sebab, daun sirih memiliki kandungan senyawa anti jamur.

Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih lalu meminumnya. Minum air rebusan daun sirih setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

6. Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Perlu diketahui bahwa vitamin C bermanfaat dalam menghambat infeksi jamur dan bakteri pada vagina. Hal inilah yang menjadikan buah pepaya cocok dijadikan sebagai makanan untuk mengatasi keputihan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment