Mangga Muda, Apakah Aman untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

5 August 2024 - 08:00 WIB
Freepik

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tak sedikit ibu hamil yang ngidam makan mangga muda. Rasa segar dan asam dari buah ini disebut-sebut bisa meringankan gejala kehamilan, seperti mual atau morning sickness. Tak hanya itu, mangga muda memiliki tekstur yang renyah, sehingga tidak menimbulkan rasa enek saat mengonsumsinya.

Di balik rasanya yang unik, mangga muda untuk ibu hamil juga kaya akan nutrisi. Buah ini mengandung folat yang diperlukan untuk mencegah cacat lahir. Tak hanya itu, mangga muda juga kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta kalium untuk mengontrol tekanan darah Bumil.

Aman nggak sebenarnya mangga muda untuk ibu hamil? Jawabannya adalah aman, kok. Faktanya, sejauh ini belum ada riset ilmiah yang menyebutkan bahwa buah ini berbahaya bagi ibu hamil maupun janin. Jadi, Bumil yang ngidam mangga muda diperbolehkan untuk mengonsumsinya, ya.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (3/8/24), mangga muda untuk ibu hamil dapat membantu meredakan rasa mual dan rasa pahit pada lidah yang kerap muncul selama kehamilan. Dengan begitu, nafsu makan Bumil pun bisa bertambah, sehingga asupan nutrisi pun akan lebih terpenuhi.

Namun, sama seperti jenis makanan lainnya, buah ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan, terlebih jika Bumil memiliki GERD atau penyakit asam lambung, ya. Ini karena rasa kecut pada mangga muda dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, seperti nyeri ulu hati (heartburn), perut kembung, mual, dan muntah, dan diare.

Nah, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, mangga muda untuk ibu hamil dikonsumsi secukupnya saja, sekitar 2–3 potong per hari.

Bila ingin manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang lebih maksimal, Bumil bisa mengombinasikan mangga muda dengan mangga matang. Selain menambah rasa manis, cara ini juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil yang meningkat, khususnya pada trimester ketiga.

Tak hanya kalori, mangga kaya akan nutrisi lain yang dibutuhkan ibu hamil, seperti serat untuk mencegah sembelit, serta vitamin B6 untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin dan membantu meredakan morning sickness. Mangga juga mengandung vitamin C yang dapat menguatkan imunitas tubuh dan membuat kulit Bumil tetap sehat.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment