Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

6 December 2023 - 12:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tidur siang dapat memberikan mamfaat besar bagi kesehatan dan mood. tidur siang dapat menjadi solusi sederhana bagi yang sedang mangalami sedih atau stres. Dilansir dari WebMD tidur siang atau bahkan sekadar beristirahat selama satu jam tanpa tertidur dapat meningkatkan semangat dan mencerahkan pikiran.

Berikut beberapa mamfaat tidur siang bagi kesehatan :

1. Memperbaiki suasana hati

berbaring dan istirahat bisa memberikan perasaan hati yang nyamanan dan memperbaiki suasana hati, terlepas dari apakah tidur benar-benar terjadi.

2. Tidur siang lebih baik daripada kafein

Jika kelelahan menghampiri, tidur siang menjadi alternatif yang lebih baik daripada mengandalkan kafein. Menurut penelitian, tidur siang dapat meningkatkan fungsi memori lebih baik dibandingkan dengan kafein.

Baca Juga: Polda Bali Imbau Warga Agar Waspada Modus Penipuan Jelang Pemilu 2024

3. Cegah rasa lelah berlebih

Meskipun tidur siang selama 10 menit sudah memberikan manfaat, cobalah mempertahankan durasi tidur siang hingga 30 menit atau kurang. Hal ini dapat membantu mencegah rasa lelah berlebih setelah bangun, menghindari inersia tidur yang mungkin dirasakan oleh beberapa orang.

4. Meningkatkan daya ingat

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur berperan penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu konsolidasi ingatan, termasuk hal-hal yang dipelajari di awal hari. Ini termasuk keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

6. Baik untuk jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur siang selama 45-60 menit dapat mengurangi tekanan darah setelah mengalami tekanan mental. Oleh karena itu, tidur siang dapat berperan dalam membantu tubuh pulih dari situasi yang menegangkan.

7. Membuat lebih kreatif

Tidur Rapid Eye Movement (REM), yang biasanya terjadi 70-90 menit setelah tidur, dapat meningkatkan kreativitas. Tidur siang dengan tidur REM dapat membantu menggabungkan ide secara baru dan menghasilkan pemikiran atau solusi yang segar.

Dalam tidur malam normal, REM biasanya muncul setiap 90 menit, tetapi durasinya sangat dipengaruhi oleh kondisi tidur seseorang. Kondisi tidur yang nyenyak dapat meningkatkan durasi tidur REM, sementara kelelahan dapat mempersingkatnya bahkan hingga tidak terjadi sama sekali.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment