Libur Sekolah Telah tiba, Berikut Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba Selama Berlibur

9 July 2024 - 06:45 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Para Pelajar sudah memasuki libur sekolah akhir semester dan pastinya akan meluangkan waktu untuk bertamasy keluar kota. Namun perlu diketauhi perubahan cuaca yang tidak tentu bahkan ekstrem atau biasa disebut dengan Musim Pancaroba membuat liburan sekolah ke luar kota menjadi sedikit terhambat.

Bagaimana tetap melakukan trip liburan semester dengan kondisi musim pancaroba yang saat ini terjadi?

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prediksi cuaca pada 4 Juli 2024 lalu yang mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami hujan ringan hingga lebat.

Adanya sirkulasi siklonik yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi menimbulkan hujan

Berikut apa saja yang harus disiapkan untuk menjaga Kesehatan Waktu berlibur:

1. Menjaga Fisik
Perubahan musim yang tidak menentu tentu saja Anda dan keluarga harus memastikan kondisi fisik dalam keadaan yang sehat agar tidak sakit selama perjalanan ataupun sebelum melakukan perjalanan, Karena dengan kondsi fisik yang lemah, tubuh rentan tertular penyakit seperti flu dan batuk

Maka dari itu menjaga Imun tubuh saat berlibur itu penting dengan cara mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral. Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan suplemen penambah imun untuk mengantisipasi tubuh dari penyakit.

2. Kenali Tempat Tujuan Liburan
Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Kalian melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tempat tersebut. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan adalah suhu dan curah hujan.

Dengan begitu, kalian juga dapat memastikan kembali apa saja perlengkapan yang harus disiapkan Ketika sudah berada di tempat itu.

3. Menjaga Kebersihan
Dalam situasi pancaroba seperti saat ini besar kemungkinan terjadi peningkatan penyebaran virus dan bakteri. Maka dari itu, sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan diri dan makanan agar terhindar dari virus dan bakteri.

4. Istirahat yang Cukup
Terlalu asik melakukan aktivitas selama libur sekolah terkadang membuat kita lupa untuk beristirahat dengan cukup. Pastikan waktu istirahat cukup dengan selalu tidur dalam kurun waktu 6 sampai dengan 8 jam.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment