Lakukan Kebiasaan Ini Setiap Pagi Untuk Seimbangkan Kadar Gula Darah

15 August 2023 - 07:15 WIB
Foto: Tribunnews

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Kadar gula darah yang tinggi tentu bisa membuat bingung untuk menurunkannya. Ternyata, sejumlah kebiasaan dan aktivitas di pagi hari berikut ini dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah di pagi hari sebenarnya merupakan sesuatu yang alami yang dikenal dengan dawn effect atau efek fajar.

Dengan adanya kondisi itu, semakin penting untuk mempraktikkan kebiasaan sehat di pagi hari yang akan menjaga gula darah tetap terkendali seiring berjalannya hari.

Berikut kebiasaan yang bisa dilakukan setiap pagi untuk menyeimbangkan kadar gula darah, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Senin (14/8/23):

1. Awali hari dengan minum air

Para ahli mengatakan, tetap terhidrasi adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Menurut CDC, hal itu terjadi karena ketika mengalami dehidrasi, tubuh mengandung lebih sedikit air, dan akibatnya kadar gula darah lebih terkonsentrasi. Gula darah tinggi bisa membuat lebih sering buang air kecil, yang bisa membuat semakin dehidrasi. Karena itu, awali hari dengan segelas besar air, lalu lanjutkan menjadikan hidrasi sebagai prioritas sepanjang hari. Targetkan total antara 11 dan 15 cangkir, menurut Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS.

2. Sarapan seimbang

Sarapan kaya protein dan serat dalam waktu satu jam setelah bangun tidur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah sepanjang pagi. Sarapan yang mencakup protein, lemak sehat, dan serat tiga kali lipat penstabil gula, seperti orak-arik telur sayuran dengan alpukat dan sepotong roti gandum utuh, atau puding biji chia dengan beri dan greek yoghurt plain.

Baca Juga:  Sering Dikonsumsi, Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Picu Kerusakan Gigi

3. Pertimbangkan kembali kopi

Jika kopi adalah bagian penting dari rutinitas pagi, mungkin tidak perlu menggantinya sepenuhnya. Tetapi penting untuk memperhatikan bagaimana kopi dapat memengaruhi kadar gula darah, terutama jika bagi penyuka makanan dan minuman manis.

4. Bangun lebih awal

Stres dapat mendorong tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Hormon ini memiliki efek langsung pada peningkatan kadar gula darah.

5. Membuat rutinitas pagi menenangkan

Selain memberi diri Anda cukup waktu untuk bersiap-siap tanpa terburu-buru, Shah merekomendasikan untuk membuat rutinitas pagi yang tenang dan menenangkan.

Jika waktu memungkinkan, rencanakan untuk melakukan meditasi singkat atau yoga, lalu duduklah untuk sarapan. Tetapi jika kekurangan waktu dapat menghindari stimulasi berlebihan dengan memutar musik berirama pelan alih-alih menonton berita.

6. Olahraga

Bila tidak punya waktu untuk melakukan olahraga pagi secara penuh, tetapi menurut para ahli aktivitas fisik singkat pun dapat memberikan manfaat menstabilkan gula darah. Direkomendasikan olahraga seperti latihan aerobik, lari, atau menggunakan sepeda statis untuk menurunkan kadar gula darah.

7. Siapkan makan siang

Menyiapkan makan siang yang sehat dan seimbang di pagi hari dapat mencegah Anda mengonsumsi sesuatu yang akan meningkatkan kadar gula darah di kemudian hari. Untuk makan siang yang sehat, disarankan mengikuti pola yang mirip dengan sarapan: protein, lemak sehat, dan serat.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment