Lakukan 3 Hal Ini Setiap Pagi Agar Tidak Bad Mood Seharian

16 October 2023 - 14:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Bangun tidur merupakan hal atau kegiatan yang paling pertama kita lakukan di hari itu,  mengawali pagi sebenarnya jadi hal yang krusial. Kenapa Krusial?, suasana saat bangun tidur dan pagi hari bisa memengaruhi mood apa yang ingin kita lakukan setelahnya, bahkan hingga seharian.

Karena semua orang tidak mempunyai waktu untuk menenangkan pikiran pada saat bangun serta bersantai karena sebagian orang langsung sibuk begitu membuka mata, terutama mereka yang berstatus ibu pekerja. Bangun-bangun sudah harus bikin sarapan, siapkan bekal dan pakaian pasangan, bahkan untuk diri sendiri saja belum sempat.

Dilansir dari cnnindonesia, menurut Mind Body Green, persis setelah bangun tidur, ada ruang tipis dari mental manusia yang berada dalam pikiran alam bawah sadar dan pikiran sadar.

Hal ini karena pikiran hanya bekerja saat kita sudah bangun, sementara pikiran bawah sadar bekerja non-stop 24 jam 7 hari.

"Apa yang Anda lakukan di momen bangun tidur itu bisa membawa dampak pada sisa hari itu," kata ahli patologi komunikasi dan ahli saraf kognitif, Caroline Leaf.

1. Cek emosi

Menurut Leaf, hal pertama yang mesti dilakukan begitu membuka mata usai tertidur semalaman adalah memeriksa kondisi emosi atau apa yang kita rasakan.

Bila seseorang terbangun dalam kondisi perasaan yang negatif, entah takut, lelah, ataupun kesal, orang itu perlu meluangkan waktu sekitar lima menit untuk bisa mengendalikan diri dan mencerna emosi secara dingin.

Baca Juga:  5 Cara Alami Agar Ruangan Kalian Tetap Sejuk Tanpa Menggunakan AC

"Jadi pada saat beranjak dan pindah, segala hal negatif itu tidak ikut terlibat dalam kegiatan kita," ujar Leaf.

2. Memandang keluar jendela

Setelah meluangkan waktu sejenak untuk merenungi emosi begitu membuka mata, saat beranjak, ada baiknya ke arah jendela dan memandang kejauhan.

Bukan hanya memanjakan mata ketika melihat ke arah luar jendela, tetapi memandang pemandangan di luar jendela bisa memengaruhi mood seseorang dalam dua cara. Pertama, membiarkan tubuh mendapatkan sinar matahari secara alami.

Sinar matahari alami yang diterima akan membuat tubuh menurunkan kadar kortisol yang dihasilkan sepanjang malam. Hormon kortisol biasanya dihasilkan saat tubuh berada dalam tekanan atau stres.

Kedua, dengan memandang kejauhan seperti langit-langit, akan membuat tubuh menghasilkan kreativitas dan membuat perasaan lebih tenang.

"Saat Anda melihat langit yang sangat luas, penglihatan tepi sebenarnya mengaktifkan sistem saraf parasimpatis," ungkap pakar kinerja Steven Kotler dalam Mind Body Green.

3. Musik

Alih-alih buka ponsel dan membuka WhatsApp dan segala drama media sosial begitu bangun, lebih baik memutar musik favorit untuk memulai hari. Toh menurut penelitian, musik bisa memicu emosi yang memberikan energi semangat ketika kita mendengarkan musik favorit kita

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment