Kerang Ini Jarang Disoroti, Ternyata Miliki Manfaat yang Dahsyat

24 September 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kerang abalon dikenal sebagai makanan laut yang memiliki harga selangit. Ini karena pertumbuhannya sangat lambat, sehingga tidak sesuai dengan permintaan pasar yang makin meningkat.

Kerang abalon banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Asia Timur, seperti Korea Selatan dan Cina. Sementara di Indonesia, kerang abalon belum banyak dikonsumsi dan tidak sepopuler jenis kerang lainnya. Padahal, makanan laut ini mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat kerang abalon tentu diperoleh dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, fosfor, kolin, omega-3, vitamin, serta sejumlah mineral seperti zat besi, kalium, dan kalsium.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (21/9/24), berikut sederet manfaat kerang abalon bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kerang abalon bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zinc dan protein di dalamnya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah terpapar penyakit. Tak hanya itu, kandungan zinc dan protein yang tinggi juga mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Bila sampai kekurangan protein, tubuh akan sulit memproduksi antibodi yang menyebabkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit menurun. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut adalah dengan mengonsumsi kerang abalon.

2. Membentuk otot

Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan protein pada kerang abalon juga bermanfaat dalam pembentukan otot. Manfaat ini bisa diperoleh karena protein berperan dalam pembentukan dan peningkatan massa otot.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kerang abalon tersebut secara optimal, konsumsi makanan tinggi protein juga perlu disertai latihan fisik secara rutin.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kerang abalon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan omega-3 dan vitamin B12 di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dan menghambat peradangan pada pembuluh darah.

Tak hanya itu, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kekurangan asupan vitamin B12 dapat meningkatkan kadar homosistein dalam darah, yakni protein yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan vitamin B12, salah satunya melalui konsumsi kerang abalon.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, omega-3 dan vitamin B12 pada kerang abalon juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Ini karena kekurangan asupan asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dapat mengganggu perkembangan dan fungsi otak.

Hal ini pun diperkuat dengan penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin B12 mampu memperlambat kerusakan otak pada orang yang memiliki kadar omega-3 lebih tinggi di dalam darah.

5. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kerang abalon yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Bagaimana tidak, kerang ini mengandung protein, kalsium, fosfor, dan magnesium yang dikenal sebagai nutrisi penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi kerang abalon bersama makanan yang mengandung vitamin D. Dengan begitu, penyerapan kalsium menjadi lebih maksimal sehingga kesehatan tulang pun dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari risiko terjadinya osteoporosis.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment