Kenali Inilah Bahaya Obesitas Saat Hamil

5 July 2023 - 21:30 WIB
Foto: Tribun

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Obesitas saat hamil sangat berbahaya karena dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan di masa kehamilan. Kondisi kelebihan berat badan di atas normal ini harus diwaspadai agar tidak terjadi hal tidak diinginkan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Kenaikan berat badan memang lazim terjadi pada ibu hamil. Namun, perlu jadi perhatian khusus jika berat badan bumil jauh dari biasanya. Meski ibu hamil disarankan untuk banyak konsumsi makanan bergizi seimbang untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan, namun nutrisi yang tidak terkontrol malah bisa membawa efek negatif.

Selain porsi makan yang tidak berimbang, kurangnya aktivitas fisik dan stres berlebihan juga bisa jadi pemicu obesitas saat hamil. Obesitas saat hamil punya banyak risiko kesehatan mulai dari diabetes hingga keguguran.

Jika dibiarkan, banyak risiko kesehatan yang disebabkan obesitas saat hamil. Tak hanya untuk sang ibu, obesitas saat hamil juga berbahaya bagi janin yang dikandung.

Dilansir dari cnnindonesia, Rabu (5/7/23) berikut ini bahaya obesitas saat hamil:

Baca Juga:  Ketum PSSI Bakal Rekomendasikan JIS Menjadi Stadion Piala Dunia U-17

1. Preeklamsia

Tekanan darah tinggi di masa kehamilan ini sangat berbahaya bagi bumil dan bayi dalam kandungan. Preeklamsia bisa membawa potensi penyakit lain seperti kerusakan organ ginjal dan hati, kram kaki dan tangan, bahkan stroke.

2. Sleep apnea

Ini merupakan kondisi pernapasan yang terganggu dan putus-putus saat tidur. Melansir What to Expect, sleep apnea dapat mengurangi aliran oksigen ke dalam tubuh, yang jika terjadi saat kehamilan bisa jadi masalah serius bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

3. Diabetes

Selama masa kehamilan, plasenta menghasilkan HPL dan estrogen yang membuat tubuh jadi kebal insulin. Akibatnya, kadar gula bertambah sehingga terjadilah diabetes gestasional, atau penyakit diabetes yang berlangsung pada masa kehamilan. Hal ini sangat rawan membuat persalinan menjadi harus dilakukan secara Caesar.

4. Keguguran

Keguguran bukan tidak mungkin terjadi jika tingkat obesitas mulai membahayakan sebab fungsi tubuh tidak bekerja maksimal dalam menyerap dan mendistribusikan nutrisi.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment