Kenali, Berikut Fakta Ikan Teri yang Baik bagi Si Buah Hati

12 September 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Ikan menjadi salah satu bahan pangan yang disarankan buat MPASI salah satunya teri nasi. Simak fakta nutrisinya.

Ada banyak alasan bagus memasukkan ikan dalam diet harian keluarga terutama buat anak yang sudah waktunya mendapat MPASI. Ikan ini rendah akan lemak jenuh dan tinggi protein, vitamin D dan B.

Ketika membaca literatur, banyak yang menyarankan ikan salmon atau tuna yang tinggi lemak sehat. Namun harganya terbilang mahal.

Oleh karenanya ada alternatif jenis ikan yang murah tapi tak kalah bergizi yakni teri nasi.

Teri nasi merupakan jenis teri berukuran lebih kecil daripada teri biasa. Karena berukuran mini, teri satu ini mudah diolah dan jadi tambahan protein dalam sajian makanan.

Melansir dari Fishbase, Rabu (11/9/24), dalam 100 g teri nasi mengandung:

472 mg kalsium
2,49 mg zat besi
19,3 persen protein
0,478 g omega 3
45,4 mikrogram selenium
38,5 mikrogram vitamin A
2,68 mg zinc

Teri nasi baik diberikan mulai anak diperkenalkan makanan padat atau MPASI. Teri termasuk teri nasi merupakan salah satu ikan yang aman dikonsumsi karena rendah merkuri dan banyak mengandung mikronutrien yang bagus buat pertumbuhan si kecil.

Melansir dari Solid Start, ikan teri sumber asam lemak omega 3 khususnya DHA yang baik buat perkembangan visual dan kognitif.

Secara keseluruhan, nutrisi ini menyediakan bahan dasar yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, juga mendukung kesehatan tulang bayi, sel darah merah, kekebalan, otak, metabolisme dan banyak lagi.

Banyak teri yang diawetkan menggunakan garam sehingga tinggi kandungan natrium. Sebaiknya pertimbangkan untuk memberikan ikan teri tanpa kandungan garam buat anak dan perkenalkan perlahan saat anak makin bertambah usia.

Penelitian menemukan memberikan makanan tinggi garam pada anak dapat menghabiskan ruang di perut dan mengurangi motivasi anak untuk mencoba makanan lain.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment