Kemenkes RI Lakukan Mobilisasi Persediaan Vaksin COVID-19

19 October 2022 - 15:02 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) akan segera mengirimkan vaksin COVID-19 yang akan didistribusikan ke daerah. Upaya yang juga disebut relokasi vaksin ini dilakukan guna mengatasi daerah yang sudah kehabisan stok vaksin.

Juru Bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril menjelaskan proses relokasi vaksin COVID-19 dari daerah dengan laju penyuntikkan rendah ke daerah dengan laju penyuntikan tinggi. Dari sisi mobilitas vaksin juga harus sesuai dengan permintaan Dinas Kesehatan setempat.

Mobilisasi logistik vaksin COVID-19 dari daerah yang masih punya banyak stok dikoordinir oleh Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI.

Baca juga : Empat Manfaat Vaksin Covid-19 yang Wajib Dipahami oleh Masyarakat

"Kami sedang mengatur proses mobilisasi vaksin menuju daerah yang membutuhkan berdasarkan permintaan dari dinas kesehatan setempat," terang Mohammad Syahril, Selasa, (19/10/22).

Kemenkes menempuh upaya pengadaan vaksin booster melalui skala prioritas pembelian vaksin produksi dalam negeri pada tahun ini

Kemenkes juga bersiap melakukan pembelian vaksin buatan dalam negeri, yakni vaksin IndoVac besutan PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat (AS). Vaksin ini masih tahap produksi.

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment