Kaya Omega-3, Lima Ikan Air Tawar Ini Miliki Manfaat Bagi Kesehatan

31 August 2024 - 08:00 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Meskipun tidak setinggi ikan laut, sejumlah ikan air tawar ternyata juga memiliki kandungan omega-3 yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Omega-3 adalah jenis asam lemak esensial yang penting untuk kesehatan tubuh. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan.

Sebagaimana dilansir dari laman Health Shots, berikut sederet ikan air tawan yang mengandung omega-3:

1. Ikan Nila
Ikan nila merupakan salah satu ikan air tawar yang paling populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi, meskipun tidak sebanyak ikan laut.

2. Ikan Lele
Ikan lele juga mengandung omega-3 meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan ikan laut. Lele mudah dibudidayakan dan banyak dikonsumsi di berbagai daerah.

3. Ikan Mas
Ikan mas atau dalam bahasa latinnya Cyprinus carpio juga menjadi salah satu ikan air tawar yang kaya akan omega-3. Ikan jenis ini menjadi salah satu sumber nutrisi yang kaya dan lengkap

4. Ikan Patin
Ikan patin memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan. Selain itu, ikan jenis ini juga patin mengandung kalsium, protein, dan vitamin B12.

5. Ikan Gurame
Ikan gurame adalah ikan air tawar lainnya yang mengandung omega-3. Ikan ini memiliki kandungan protein, vitamin A, asam lemak omega-3, kalsium, fosfor, dan vitamin D.

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment