Kapur Barus, Ini Sederet Manfaatnya yang Jarang Diketahui

26 August 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kapur barus merupakan senyawa yang punya banyak kegunaan. Bahan alami ini berasal dari pohon camphor (Cinnamomum camphora) dan telah lama dikenal sebagai bahan yang serbaguna.

Di Indonesia, kapur barus sendiri sering digunakan untuk mengusir serangga dan menjaga kesegaran pakaian di lemari.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20/8/24), berikut sederet manfaat lain dari kapur barus yang dapat digunakan untuk mengusir hama, antara lain:

1. Pengharum ruangan alami

Kapur barus telah lama dikenal sebagai pengharum ruangan alami. Kemampuan ini berasal dari aroma alami yang dihasilkan oleh kapur barus, yang efektif dalam menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan.

Penggunaan kapur barus ini sangat bermanfaat di area seperti kamar mandi yang cenderung berbau kurang sedap. Untuk memperoleh manfaat ini, cukup letakkan beberapa butir kapur barus di sudut-sudut ruangan, termasuk di kamar mandi.

2. Mengusir serangga dalam pot

Serangga tidak menyukai bau kapur barus yang kuat. Untuk mengatasi serangga yang mengganggu tanaman pot, kamu bisa menempatkan tanaman tersebut di dalam kantong plastik transparan yang telah diberi kapur barus.

Kemudian, tutup rapat kantong tersebut selama satu minggu. Setelah seminggu, saat kamu mengeluarkan tanaman dari kantong, tanamanmu akan terbebas dari serangga.

3. Mencegah jamur dalam lemari

Kapur barus juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian yang lembap.

Ini dikarenakan bahan aktif dalam kapur barus, seperti naftalena dan paradichlorobenzene, merupakan jenis insektisida yang dapat menguap pada suhu ruangan.

Berkat kandungan tersebut, lemari pakaian akan terhindar dari jamur dan bau apek, menjaga pakaian tetap segar dan wangi. Untuk memanfaatkan kapur barus ini, cukup simpan beberapa butir di dalam lemari pakaian.

4. Menghilangkan bau dalam sepatu

Tak hanya digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di ruangan, kapur barus juga efektif mengatasi bau pada sepatu. Kapur barus memiliki sifat sebagai pengharum alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab bau pada sepatu.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup masukkan beberapa potongan kapur barus ke dalam sepatu dan biarkan semalaman.

Namun, penting juga untuk menjaga kebersihan kaki dengan rutin mencuci kaki, menggunakan kaos kaki bersih, dan memastikan sepatu selalu dalam keadaan kering untuk mencegah bau kaki.

5. Mencegah masuknya tikus ke dalam rumah

Tikus merupakan hewan pengerat yang suka merusak benda di rumah. Selain mengotori rumah, tikus juga bisa menyebarkan penyakit yang berasal dari virus dan bakteri yang terdapat pada kotorannya.

Hewan ini seringkali juga menggigit kabel listrik dan barang lainnya. Untuk mencegah tikus berkeliaran di garasi, gudang, atau rumah, kamu bisa menempatkan beberapa butir kapur barus di area tersebut.

6. Menjauhkan anjing dan kucing datang ke taman

Jika kamu memiliki kapur barus yang sudah lama tidak digunakan, jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melindungi tanaman dan kebunmu dari anjing dan kucing yang sering kencing atau BAB sembarangan.

Hewan-hewan tersebut juga tidak menyukai bau kapur barus yang tajam, sehingga cara ini bisa efektif.

7. Mengusir kelelawar

Kelelawar yang bersarang di loteng atau langit-langit rumah bisa merusak bagian atap. Untuk mencegahnya, kamu dapat menyebarkan beberapa butir kapur barus di area loteng atau langit-langit rumah.

8. Mengusir kecoa dan cicak

Kecoa dan cicak sering kali mengganggu dan membawa kuman berbahaya. Kecoa juga bisa menyebabkan ruangan menjadi berbau tidak sedap dan membawa bakteri yang berisiko bagi kesehatan.

Cara efektif untuk mengusir kecoa dan cicak dari rumah adalah dengan menggunakan kapur barus.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment