Jus Buah Segar atau Air Kelapa, Manakah yang Lebih Baik? Ini Penjelasannya

19 February 2024 - 06:45 WIB
Honest Docs

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Jus buah dan air kelapa merupakan pilihan minuman sehat yang baik untuk tubuh. Tak hanya kaya akan nutrisi, kedua minuman tersebut juga turut membantu tubuh agar tetap terhidrasi.

Mengkonsumsi minuman sehat memang tengah menjadi tren di masyarakat. Banyak orang yang mulai sadar akan kesehatan tubuhnya, sehingga mulai mengurangi minuman seperti kopi, soda, maupun teh kemasan dan beralih ke jus buah segar atau air kelapa.

Namun, di antara jus buah segar dan air kelapa, manakah yang lebih sehat untuk tubuh? Dilansir dari Times of India, Sabtu (17/2/24), berikut penjelasannya!

Sebenarnya, baik jus buah ataupun air kelapa sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan. Tapi, jika ditanya mana yang lebih sehat di antara keduanya, semua itu bergantung pada situasi dan kondisi tubuh seseorang.

1. Kandungan Nutrisi

Jika membandingkan dari segi kandungan nutrisi, air kelapa mengandung elektrolit, mineral dan vitamin. Tak hanya itu terdapat juga gula di dalam air kelapa, namun jumlahnya lebih sedikit dari jus buah.

Baca Juga: Gencarkan Keamanan Kotak Suara, Kapolda Bali Tinjau PPK Klungkung

Air kelapa mengandung kalium tinggi, sehingga cocok diminum untuk orang yang sering olahraga. Sebab, air kelapa dapat menjaga keseimbangan cairan elektrolit tubuh.

Sedangkan jus buah memiliki kandungan vitamin yang beragam, tergantung buah yang dikonsumsi. Pada umumnya, jus buah mengandung vitamin A, B, C, dan E. Jus buah juga kaya antioksidan dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Kandungan Kalori

Untuk jumlah kalorinya, air kelapa jauh lebih rendah dibandingkan jus buah. Jumlah kalori pada air kelapa sekitar 60 persen lebih sedikit.

Sebagai contoh, dalam 100 gram jus apel terdapat 46 kalori. Sementara itu, air kelapa dengan jumlah yang sama kalorinya hanya sekitar 18,4 kalori saja.

Apabila sedang menjalani program diet, disarankan untuk rutin mengkonsumsi air kelapa dibandingkan jus buah. Meski begitu, bukan berarti dilarang mengkonsumsi jus buah ya, hanya saja pilih buah yang segar dan jangan terlalu banyak menggunakan gula.

3. Kandungan Gula

Tak hanya kalori, air kelapa juga tergolong lebih rendah gula daripada jus buah. Soalnya, jus buah yang dibuat dari potongan buah manis dan segar memang secara alami sudah mengandung gula di dalamnya.

Oleh karena itu, usahakan jangan terlalu banyak mencampur gula ke dalam jus buah, apalagi menggunakan susu kental manis. Sebab, dikhawatirkan khasiat jus buah segar jadi berkurang.

4. Kandungan Serat

Dari segi kandungan serat, jus buah memiliki lebih banyak serat dibandingkan air kelapa. Artinya buah-buahan baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terlebih bagi kamu yang kesulitan buang air besar (BAB).

Mengkonsumsi jus buah segar juga bermanfaat bagi orang yang sedang diet, karena dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama, sehingga nggak mudah lapar.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment