Jarang Diketahui, Sejarah dan Fakta Menarik Tentang Vanila

7 November 2023 - 07:15 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Vanila atau vanili merupakan salah satu bahan yang bisa memberikan cita rasa dan aroma yang sangat khas pada makanan atau pun minuman, Namun, mungkin tak banyak yang mengetahui beberapa fakta menarik berikut ini mengenai vanila.

Dilansir idntimes, vanila secara umum merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Konon vanila dipercaya ditemukan oleh suku Aztec pada abad ke-15. Barulah vanila dibawa ke Spanyol dan kemudian terus tersebar ke berbagai negara-negara di dunia.

Baca Juga: Pesawat Ketiga Berisikan Bantuan Kemanusiaan Bagi Warga Palestina Diberangkatkan


Vanila yang selama ini dijadikan bahan makanan ternyata bukanlah tanaman utama. Justru vanila diambil dari salah satu bagian dari tanaman anggrek. Hal inilah yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Vanila berasal dari buah atau bagian polong yang telah dikeringkan dan diawetkan. Bagian tersebut berasal dari anggrek yang disebut Vanilla Planifolia dan banyak ditemukan di hutan tropis Meksiko, serta Amerika Selatan. Namun, cukup sulit untuk menemukan tanaman aslinya, sebab eksploitasi habitat yang berlebihan.

Vanila ternyata tak hanya dapat memberikan aroma dan cita rasanya tersendiri pada olahan, namun juga menyimpan manfaat baiknya untuk tubuh. Salah satunya vanila mengandung berbagai kandungan baik sebagai sumber antioksidan, anti inflamasi, hingga dapat meningkatkan kesehatan otak.

Menjadikan komoditas yang menjanjikan Hal ini membuat banyak negara tertarik untuk membudidayakannya, sehingga dapat dimanfaatkan oleh warga lokal atau pun diekspor secara massal, rata-rata vanila yang tersedia saat ini berasal dari Madagaskar dengan total produksi yang mendominasi sekitar 75 persen dari keberadaan vanila di dunia. Bahkan keuntungan dari ekspor yang diperoleh Madagaskar dari komoditas vanila mencapai USD617 juta dollar.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment