Jarang Diketahui, Manfaat Susu Kuda Liar yang Lebih Unggul dari Susu Sapi

2 November 2023 - 18:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Selain susu sapi atau susu kambing, Susu kuda liar mungkin masih terdengar asing Susu yang banyak terdapat di Pulau Sumbawa ini kaya akan nutrisi yang bahkan diduga hampir setara dengan kandungan ASI sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain karena manfaatnya, hal yang menjadi daya tarik susu kuda liar adalah memiliki zat antimikroba alami yang diyakini membuatnya tahan di suhu ruangan selama berbulan-bulan. Ini berbeda dari susu lainnya, seperti susu sapi atau susu kambing, yang bahkan sudah basi bila dibiarkan seharian di suhu ruangan.

Dilansir dari laman resmi alodokter berikut kandungan gizi susu kuda liar, Di dalam 100 gram susu kuda liar terkandung 40 kalori dan beragam kandungan penting lainnya, yaitu:

•              90 gram air

•              2 gram protein

•              1 gram lemak

•              5,5 gram karbohidrat

•              37 gram kalium

Selain itu, susu kuda liar juga mengandung beta karoten, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), serta zat yang bersifat antibakteri dan antivirus.

1. Kandungan gizinya sama dengan ASI

Susu kuda liar adalah susu hewan yang memiliki nilai gizi lebih tinggi dari susu sapi, dan paling mirip dengan ASI manusia, menurut studi pada jurnal Food Science and Technology.

Baca Juga:  Wajib Tahu, Ini 10 Khasiat Konsumsi Cabai Hijau yang Baik bagi Tubuh

ASI diketahui mengandung sederet vitamin dan mineral penting bagi tubuh bayi, mulai dari protein, asam lemak omega-3 dan omega-6, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya, Bahkan banyak rumah sakit bersalin di Perancis yang menggunakan susu kuda sebagai pengganti ASI untuk meningkatkan kekuatan dan kekebalan bagi bayi baru lahir, terutama yang lahir prematur.

2. Melancarkan pencernaan

Susu kuda liar secara tradisional dikonsumsi oleh masyarakat di Bima, Pulau Sumbawa, untuk mengobati gangguan pencernaan, contohnya sembelit. Manfaat susu kuda liar ini diketahui berasal dari kadar air di dalamnya yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari susu sapi.

3. Cocok untuk pengidap alergi susu sapi atau intoleransi laktosa

Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi. Kandungan kasein yang lebih sedikit ini membuat susu kuda liar mudah dicerna dibanding dengan susu sapi, Inilah yang menjadi alasan kenapa susu kuda liar bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa yang memiliki intoleransi laktosa maupun yang alergi susu sapi.

4. Memperkuat imunitas tubuh

Konsumsi susu kuda liar juga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat ini didapat berkat kandungan zat di dalamnya yang mampu melawan infeksi bakteri dan virus. Dengan begitu, tubuh pun tetap sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit infeksi.

Bahkan, susu kuda liar dipercaya menjadi salah satu asupan yang baik dan bergizi untuk orang yang menderita penyakit tertentu, seperti tuberkulosis, hepatitis C, asam urat, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan anemia.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment