Jarang Diketahui, Ini Sederet Bahan Alami yang Bisa Ringankan Gejala Perut Kembung

24 December 2023 - 06:45 WIB
Pixabay

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Perut kembung merupakan kondisi di mana perut terasa penuh dan tertekan. Perut kembung ditandai dengan mual, keroncongan, dan cukup sering kentut.

Umumnya, perut kembung bukanlah kondisi serius, namun jika tidak ditangani menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Obat perut kembung ternyata bisa dari bahan alami.

Dilansir dari sebagai berikut, Jumat (22/12/23), berikut sederet bahan alami di rumah yang dapat ringankan perut kembung, antara lain:

1. Jahe

Dilansir dari Everyday Health, jahe bisa digunakan sebagai obat perut kembung alami. Jahe membantu sistem pencernaan untuk memecah protein karena mengandung enzim zingibain.

Enzim zingibain membantu makanan untuk dicerna lebih mudah, sehingga akan mengurangi rasa kembung. Untuk mengatasi kembung menggunakan jahe, kamu bisa menyeduh jahe dengan air hangat. Tambahkan madu jika ingin menambahkan rasa.

2. Kunyit

Obat perut kembung alami selanjutnya adalah kunyit. Kunyit sudah sejak lama menjadi obat herbal untuk mengatasi perut kembung dan mual. Kunyit mengandung kurkumin yang bisa meredakan gejala perut kembung.

Baca Juga: PT Jasa Marga Sebut Sebanyak 860 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

3. Air Lemon

Lemon menjadi diuretik alami yang memiliki sifat pencahar ringan apabila dicampur dengan air hangat. Lemon dipercaya bisa membantu mengatasi perut kembung. Kamu bisa menyeduh lemon dengan air hangat. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Baik diminum saat masih hangat.

4. Teh Chamomile

Obat perut kembung selanjutnya yakni teh chamomile. Teh chamomile dipercaya bisa meredakan masalah perut kembung. Teh chamomile juga bisa meredakan masalah pencernaan lainnya, seperti maag, muntah, mual, dan diare.

Teh chamomile mengandung flavonoid yang berguna dalam meredakan perut kembung. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat dari teh chamomile.

5. Teh Hijau

Teh hijau bisa dijadikan sebagai obat perut kembung alami. Mengonsumsi teh hijau atau matcha hangat, dipercaya dapat mengatasi perut kembung. Teh hijau kaya akan antioksidan, seperti katekin, polifenol, dan tanin, yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan meredakan kembung.

6. Teh Peppermint

Obat perut kembung alami selanjutnya adalah teh peppermint. Teh ini dipercaya menjadi obat yang efektif dalam mengatasi kembung. Kandungan dalam teh peppermint dapat mengendurkan otot di saluran pencernaan. Pengenduran ini akan memberikan lebih banyak ruang di saluran untuk mengeluarkan gas.

7. Biji Jintan

Jintan mengandung sifat antispasmodik dan karminatif yang bisa digunakan untuk meredakan rasa kembung dan gas berlebihan yang ada di perut. Jintan juga mengandung senyawa kimia seperti carvone yang efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri.

8. Biji Adas Manis

Adas manis adalah salah satu rempah yang bermanfaat dalam mengatasi perut kembung. Adas memiliki cara kerja yang mirip dengan peppermint. Adas mengandung senyawa yang bisa merelaksasi otot pada saluran pencernaan, sehingga memungkinkan gas untuk keluar dan meredakan kembung.

Satu sendok makan adas mengandung lebih dari 2 gram, serat. Serat merupakan kontributor utama dalam pencernaan yang baik. Tak hanya itu, adas manis mengandung antimikroba yang membantu menjaga patogen usus tetap terkendali.

9. Asparagus

Melansir dari Wild Dose, meredakan perut kembung bisa dilakukan melalui buang air kecil. Asparagus bisa dijadikan sebagai obat kembung. Mengkonsumsi asparagus bisa membuat kamu buang air kecil, sehingga akan mengurangi kelebihan air dalam tubuh dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat kembung.

Asparagus juga mengandung prebiotik yang membantu dalam mendukung pertumbuhan bakteri baik. Hal ini akan membuat sistem pencernaan terjaga. Selain itu, asparagus mengandung serat larut dan tidak larut yang baik untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

10. Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Probiotik menjadi salah satu cara proaktif dalam meredakan perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat dari probiotik, kamu bisa mengonsumsi yoghurt dan tempe.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment