Jarang Diketahui, Ini 5 Khasiat Seteguk 'Ginger Shot' bagi Kesehatan Tubuh

5 November 2023 - 07:15 WIB
The spruce eats

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Jahe terkenal sebagai tanaman rimpang yang banyak khasiatnya. Salah satunya olahan ginger shot yang dipercaya ampuh membuat tubuh terasa bugar dan lebih sehat.

Jahe ternyata tak hanya cocok untuk menjadi campuran memasak. Di tangan para ahlinya, jahe dapat diracik menjadi minuman yang nikmat untuk menyegarkan badan.

Salah satu sajian jamu tradisional yang begitu populer di Indonesia. Tetapi ada juga minuman bernama 'ginger shot' yang populer dikonsumsi orang-orang dengan kegiatan padat untuk menjaga kesehatan dirinya.

Baca Juga: Korlantas Polri Tinjau Tol Semarang-Surabaya Jelang Libur Nataru


Dilansir dari Men's Health, Sabtu (4/11/23), berikut sederet manfaat ginger shot yang bagus bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat jahe untuk pencernaan dapat dilihat dengan sederhana pada ibu-ibu yang ingin menangani anaknya dengan keluhan kembung. Kondisi perut yang memproduksi gas berlebih dampaknya akan membuat rasa tak nyaman datang.

Jahe yang hangat dipercaya dapat meredakan rasa kembung yang terutama yang sering dialami anak-anak. Konsumsi jahe dengan ukuran yang tepat dan secara rutin dapat membantu pencernaan memperbaiki sistemnya secara alami.

2. Meredakan inflamasi

Selain rasa hangatnya, jahe juga memiliki kandungan yang secara alami dapat menekan terjadinya inflamasi di dalam tubuh. Inflamasi ini biasanya terjadi pada beberapa gejala penyakit sedang hingga kronis.

Misalnya seperti psoriasis, rematik, dan beberapa inflamasi lainnya yang dapat terjadi pada tubuh. Komponen antiinflamasi alami pada jahe dinilai lebih ampuh dan aman dari efek samping dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan.

3. Menguatkan imunitas

Tak hanya antiinflamasi, jahe juga memiliki kandungan gingerol yang bermanfaat sebagai antioksidan. Geurot mengatakan bahwa antioksidan yang ada di dalam jahe berkhasiat untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas yang tidak dihalau dapat menyebabkan berbagai gejala penyakit dan gangguan kesehatan terhadap tubuh. Terutama ketika lingkungan dilanda cuaca panas atau akibat kondisi udara yang buruk.

Kadar ekstrak jahe yang tinggi pada ginger shot membuat efeknya berkhasiat untuk memicu produksi sel darah putih. ketika sel darah putih berada pada jumlah yang tepat maka risiko tubuh mengalami infeksi virus dan bakteri akan terminimalisir.

4. Meningkatkan energi dan fokus

Merasa letih dan mudah lelah? Rutin mengonsumsi ginger shot ini disebut-sebut dapat membantu tubuh lebih bertenaga. Sifat jahe yang bekerja sebagai stimulan ternyata juga berdampak pada stimulasi produksi energi di dalam tubuh.

Terutama ketika pagi hari, jahe dapat membantu tubuh lebih siap untuk menjalani aktivitas. Ide mengonsumsi ginger shot bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pengganti secangkir kopi di pagi hari.

5. Meredakan rasa sakit

Berdasarkan pengamatan dan penelitian ahli, ada komponen lain yang ditemukan di dalam tanaman rimpang yang hangat ini. Jahe memiliki komponen analgesik disamping antiinflamasinya.

Perpaduan analgesik dan komponen antiinflamasi membuat jahe berkhasiat untuk meredakan sakit. Ekstrak jahe yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan ambang rasa sakit sehingga meredakan beberapa jenis nyeri yang terjadi.

Sabat menunjukkan beberapa penelitian yang telah dipelajarinya terkait manfaat jahe untuk meredakan rasa sakit. Nyeri dan sakit kepala menjadi salah satu kondisi yang dapat diatasi dengan mengonsumsi ginger shot.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment