Jangan Dibuang, Biji Semangka Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

28 April 2023 - 22:00 WIB
Foto: KlikDokter

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Mengonsumsi buah semangka sangat dianjurkan untuk tetap terhidrasi. Tak hanya buahnya, biji semangka ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, hal itu jarang diketahui.

Padahal, biji semangka merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat kaya dan mengandung protein serta mineral. Seperti halnya magnesium, seng dan zat besi.
Selain itu, biji semangka juga kaya akan lemak dan serat sehat. Sehingga dapat dimasukan ke dalam menu diet. Karena biji semangka mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang jarang ditemukan dalam makanan vegetarian. Biasanya, biji semangka dikonsumsi secara langsung atau mentah, dipanggang dan direbus.

Seperti dirangkum dari pmjnews, Jumat (28/4/23), berikut ini adalah manfaat biji semangka yang perlu diketahui.

Baca Juga:  Pakar IDI Ungkap Resiko Heatstroke Imbas Gelombang Panas Dapat Picu Cacat Permanen Hingga Kematian

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Mengonsumsi semangka tanpa membuang bijinya dapat meningkatnya sistem kekebalan (imunitas) tubuh.

2. Bantu Turunkan Gula Darah
Khasiat lainnya dari biji semangka yang bisa perlu diketahui adalah untuk membantu mengendalikan gula darah. Sementara pada penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi biji ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

3. Mencegah Osteoporosis
Mengonsumsi semangka bersama dengan bijinya adalah keputusan yang tepat jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari buah tersebut. Manfaat ini termasuk untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat biji semangka yang juga tidak disangka-sangka adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena pada biji tersebut terkandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik.
Studi menunjukkan, lemak baik ini bersama dengan magnesium berguna dalam membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol jahat.

5. Menjaga Suasana Hati
Biji semangka mengandung vitamin B yang berlimpah dan dapat memainkan peran kunci dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf tetap seimbang, mempertahankan tingkat suasana hati yang baik.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment