Inilah Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan

12 June 2023 - 22:00 WIB
Foto: Halodoc

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Nigella sativa adalah tanaman yang tumbuh di Asia Barat, Timur Tengah, Eropa Selatan, dan Afrika Utara. Tumbuhan semak ini menghasilkan buah berbentuk biji hitam kecil yang disebut dengan habbatussauda.

Di Indonesia, habbatussauda dikenal dengan nama jintan hitam. Tanaman ini diolah untuk menghasilkan ekstrak minyak yang dipakai dalam pengobatan tradisional. Jika mengoleskannya, bisa memberikan manfaat bagi kulit dan rambut. Minggu (11/6/23).

Selain itu, masih banyak lagi keistimewaan habbatussauda bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu menurunkan gejala asma

Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan di saluran pernapasan. Kondisi ini memicu penyempitan otot di area tersebut, sehingga membuat pengidapnya kesulitan bernapas.

Gejala tersebut bisa diatasi dengan menggunakan minyak jintan hitam. Nutrisi di dalamnya bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot di saluran pernapasan. Dengan begitu, gejala asma bisa membaik.

2. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi menjadi pemicu penyakit kronis, salah satunya diabetes. Jika tidak terkontrol dengan baik, penyakit ini dapat memicu komplikasi, seperti penyakit ginjal, gangguan mata, hingga stroke.

Selain menggunakan pengobatan utama, kamu bisa mengonsumsi suplemen jintan hitam untuk mengontrol kadar gula darah. Namun, pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter sebelum memakainya.

3. Mengatasi peradangan tubuh

Sifat antiinflamasi pada jintan hitam efektif membantu mengatasi peradangan yang ada di dalam tubuh. Jika tidak diatasi dengan baik, gangguan berpotensi memicu sakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

4. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan antioksidan dalam habbatussauda mampu menjaga kesehatan rambut lebih optimal. Selain menyehatkan, tanaman herbal ini juga bisa membuat rambut lebih kuat, bersinar, dan lebih lebat.

Untuk mendapatkan khasiat itu, kamu bisa menggunakan minyak habbatussauda sebagai masker rambut alami. Kamu juga bisa menambahkan minyak kelapa agar kesehatan rambut semakin optimal.

Baca Juga:  Tak Banyak Disadari, Ini 4 Kebiasaan yang Bikin Badan 'Jompo' di Usia 30-an

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Minyak habbatussauda memiliki kandungan senyawa yang dikenal sebagai thymoquinone. Senyawa ini mampu merangsang pertumbuhan jaringan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Khasiatnya berasal dari sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan di dalam tanaman herbal. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi, antara lain luka bakar, eksisi, hingga luka akibat penyakit diabetes.

6. Mendukung kesehatan kulit

Selain penggunaan medis, minyak jintan hitam juga bisa digunakan secara topikal untuk membantu mendukung kesehatan kulit. Sifat antimikroba dan antiinflamasinya dapat membantu mengatasi beberapa keluhan.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Neuroinflammation adalah peradangan jaringan otak. Kondisi ini memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit di masa depan, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Senyawa thymoquinone dalam minyak jintan dapat mengurangi peradangan saraf. Hal ini berdampak pada penurunan risiko penyakit Alzheimer atau Parkinson  di masa depan. Meski bermanfaat, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan khasiat ini.

8. Membantu menurunkan berat badan

Minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh pada pengidap obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.

Dalam satu studi selama 8 minggu, 90 wanita berusia 25 sampai 50 tahun dengan obesitas diberi diet rendah kalori dan plasebo, atau 1 gram minyak jintan hitam per makanan dengan total 3 gram per hari.

Pada akhir penelitian, mereka yang mengonsumsi minyak jintan hitam mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang yang jauh signifikan, ketimbang kelompok plasebo.

Sementara itu, kelompok minyak jintan hitam juga mengalami peningkatan signifikan pada trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya. Terlepas dari hasilnya, penelitian lebih lanjut tentang keamanan dan efektivitasnya masih diperlukan.

9. Bersifat antijamur

Minyak habbatussauda terbukti memiliki aktivitas antijamur. Mengonsumsinya dapat membantu melindungi dari Candida albicans, yang merupakan ragi pemicu kandidiasis. Jenis jamur ini menginfeksi mulut dan organ intim.

10. Mencegah infertilitas pria

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat meningkatkan kualitas air mani pada pria yang didiagnosis dengan infertilitas. Gangguan ini memicu gangguan pada fungsi seksual, seperti kesulitan ejakulasi, penurunan hasrat seksual, atau kesulitan ereksi.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment