Inilah Camilan yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

17 August 2023 - 07:15 WIB
Foto: Halodoc

Tribratanews.tribratanews.com - Ada banyak larangan untuk penderita diabetes agar kadar gula darah tetap terkontrol, termasuk ngemil makanan manis. Berikut ini sejumlah camilan sehat yang bisa dikonsumsi penderita diabetes agar gula darah tetap terkontrol. Rabu (16/8/23).

Camilan untuk penderita diabetes tentunya tidak boleh sembarangan. Donat, boba, cokelat, dan makanan olahan tentunya tidak disarankan untuk penderita diabetes karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh.

Karena itu, penderita diabetes sebaiknya memilih camilan yang mengandung protein, lemak sehat, serat, dan tinggi vitamin agar kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut ini camilan yang cocok untuk penderita diabetes.

1. Telur rebus

Telur dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, salah satunya dengan cara direbus. Selain rasanya yang enak, telur juga bisa dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes. Dalam 1 butir telur rebus mengandung 6 gram protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan protein yang ada pada telur tidak mengakibatkan kadar gula darah melonjak dengan cepat. Selain itu telur juga mengandung biotin dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah komplikasi dari penyakit diabetes.

2. Apel

Apel bisa jadi camilan sehat untuk penderita diabetes. Selain rasanya manis, apel juga mengandung vitamin A, C, serta rendah kalori. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Apel juga mengandung serat tinggi yang dapat menahan rasa lapar lebih lama. Apabila dikonsumsi sebelum makan, maka akan berguna sebagai pengontrol kalori.

Baca Juga:  Kram Kaki Karena Otot Berkontraksi, Ini Cara Mengatasinya

3. Alpukat

Kandungan serat tinggi dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat menjadikannya makanan ramah diabetes. Sebuah studi pada 2016 di National Library of Medicine menemukan bahwa individu dengan diabetes tipe 2 yang memasukkan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanannya secara teratur mengalami peningkatan yang signifikan dalam kadar gula darahnya.

4. Kacang almond

Kacang almond merupakan camilan yang lezat dan bergizi untuk penderita diabetes. Dalam 1 porsi (28 gram) terdapat lebih dari 15 vitamin dan mineral yang dapat membantu mengontrol diabetes.

Manfaat lain dari kacang almond adalah mampu mengurangi resistensi insulin, mengontrol kadar gula darah, dan menyehatkan jantung. Meski demikian, kacang almond memiliki kalori yang tinggi, sehingga harus membatasinya dengan cukup mengonsumsi segenggam kacang almond per hari.

5. Greek yoghurt

Yogurt Yunani atau Greek yoghurt mengandung dua kali protein lebih tinggi, dan hanya setengah dari karbohidrat pada yogurt biasa. Penderita diabetes sebaiknya pilih varian yogurt tawar atau plain. Sebab yogurt dengan varian rasa umumnya mengandung gula atau pemanis tambahan yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

6. Edamame

Edamame merupakan salah satu camilan bergizi untuk penderita diabetes. Sebuah studi pada 2022 di Journal of Agriculture and Food Research menemukan edamame termasuk jenis nabati yang mengandung protein lengkap dan mudah diserap.

7. Roti gandum selai kacang

Selai kacang memuat lemak sehat dan protein. Saat dipasangkan dengan roti gandum, keduanya dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan mencegah ngemil berlebih. Tak cuma itu, selai kacang diketahui mengandung magnesium tinggi yang efektif mengatur kadar gula darah.

8. Popcorn

Jika seorang penderita diabetes dan hobi nonton film, popcorn termasuk camilan sehat yang bisa dikonsumsi. Popcorn adalah camilan rendah kalori yang masih aman dikonsumsi penderita diabetes.

Per 8 gram popcorn hanya memuat 31 kalori. Untuk penderita diabetes, popcorn yang akan dikonsumsi tidak boleh mengandung tinggi garam atau memakai gula tambahan.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment