Inilah Beberapa Manfaat Timun Untuk Wajah

3 August 2024 - 08:00 WIB
alodokter

Tribratanews.tribratanews.com - Ada banyak manfaat timun untuk Kesehatan wajah ada beragam, mulai dari melembapkan kulit hingga mengurangi pembengkakan di wajah. Berbagai manfaat tersebut tentunya tidak terlepas dari nutrisi yang terkandung di dalam timun.

Timun (Cucumis sativus) merupakan buah yang memiliki tekstur daging yang renyah. Buah ini sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam lalapan. Selain rasanya yang lezat, timun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah.

Manfaat timun untuk wajah tentunya berasal dari sifat antiradang serta berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti antioksidan, vitamin C dan zat astringent. Tak hanya itu, timun juga kaya akan air sehingga baik untuk menunjang kesehatan kulit wajah.

Berkat beragam kandungan dan sifat yang dimilikinya, timun menjadi salah satu buah yang sering digunakan dalam perawatan kulit wajah.

Berikut ini beberapa manfaat timun untuk wajah, dilansir dari alodokter:

1. Melembapkan kulit wajah
Kadar air dalam buah timun sekitar 96%. Berkat kandungan airnya yang melimpah, timun dapat menghidrasi kulit wajah agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya.

2. Meredakan iritasi kulit wajah
Manfaat timun untuk wajah selanjutnya adalah meredakan iritasi kulit, misalnya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau gigitan serangga. Ini karena timun memiliki sifat antiradang yang dapat mengatasi berbagai kondisi kulit akibat iritasi, seperti munculnya ruam dan kemerahan.

3. Mencegah jerawat
Timun juga dikenal bisa mencegah jerawat karena mengandung zat astringent di dalamnya. Zat ini dapat berperan sebagai pembersih alami yang bisa membersihkan pori-pori di wajah dari kotoran dan minyak berlebih. Dengan begitu, pori-pori akan tetap bersih dan wajah terhindar dari jerawat.

4. Mengatasi bengkak pada wajah
Bengkak pada wajah sering kali terjadi ketika bangun tidur. Hal ini disebabkan oleh penumpukan cairan dari aliran getah bening pada wajah selama tidur. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan masker timun. Ini karena timun memiliki efek dingin yang baik untuk mengurangi pembengkakan di wajah.

5. Mencegah penuaan dini
Timun juga dikenal dengan kemampuannya dalam mencegah penuaan dini. Manfaat timun untuk wajah ini bisa dirasakan karena timun kaya akan senyawa antioksidan, yaitu flavonoid dan tanin, yang bisa mencegah kerusakan sel penyebab berbagai tanda penuaan di wajah, seperti kerutan, garis halus, dan bintik hitam.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment