Inilah Beberapa Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh

12 September 2023 - 21:00 WIB
Foto: Halodoc

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Daun pandan memiliki aroma yang khas yang sering kali digunakan untuk campuran pada makanan, kue, hingga pewangi ruangan. Tidak hanya itu saja, ada manfaat lain daun pandan untuk obat tradisional.

Daun pandan banyak digunakan dalam masakan Asia Selatan dan Tenggara. Tidak heran jika makanan Indonesia juga termasuk salah satu yang sering menggunakan pandan.

Dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam pandan, tanaman yang dikenal dengan nama ulir tersebut sudah pasti memiliki manfaat untuk tubuh. Bahkan di sejumlah negara Asia, pandan sudah dijadikan sebagai obat tradisional.

Berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan yang dikutip dari cnnindonesia.com:

1. Mengurangi nyeri sendi

Salah satu penyakit yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia adalah radang sendi atau arthritis. Penyakit ini ditandai dengan nyeri atau kekakuan sendi. Dalam pengobatan Ayurveda, minyak kelapa yang dicampur dengan daun pandan dipercaya dapat mengurangi nyeri radang sendi.

2. Mengontrol kadar gula darah

Pandan dapat mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian dilakukan dengan memberikan teh panas yang terbuat dari daun Pandanus amaryllifolius kepada 30 orang dewasa sehat setelah menjalani tes gula darah oral standar atau 75 gram. Hasilnya, mereka yang meminum teh pulih lebih baik dari tes gula darah dibandingkan mereka yang minum air panas. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian ilmiah untuk mendukung manfaat ini.

Baca Juga:  Badan Terasa Pegal saat Bangun Tidur? Ini 5 Cara Mengatasinya

3. Meningkatkan kesehatan mulut

Mengunyah daun pandan dapat menyegarkan napas karena aromanya yang sedap. Beberapa praktik pengobatan tradisional menggunakan teknik tersebut untuk menghentikan gusi yang berdarah. Meski begitu, perlu dilakukan lebih banyak penelitian terkait manfaat pandan yang satu ini. Pasalnya, belum banyak penelitian yang mendukung khasiat pandan.

4. Pencegahan penyakit jantung

Daun pandan merupakan sumber karotenoid yang baik. Kandungan karotenoid tersebut diketahui dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis atau penyempitan arteri jantung akibat penumpukan plak.

5. Pengobatan luka bakar

Daun pandan yang dikeringkan dan dihaluskan sering digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar ringan, sengatan matahari, dan masalah kulit lainnya. Hal tersebut sering kali dilakukan oleh masyarakat di Asia Tenggara. Meski begitu dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mendukungnya. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa asam tanat dalam pandan memberikan efek dingin untuk luka bakar ringan.

6. Bantu meningkatkan imun tubuh

Pandan merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang dikenal dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah vitamin dan antioksidan dalam pandan di antaranya beta karoten, vitamin C, tiamin, riboflavin dan niasin.

7. Pewarna alami masakan

Daun pandan telah digunakan secara tradisional di banyak negara Asia sebagai pewarna makanan. Daunnya biasanya dioleskan pada makanan sebagai daun segar utuh atau dijadikan jus untuk digunakan warnanya. Biasanya, daun pandan digunakan sebagai pewarna hijau pada kue rasa pandan, es krim, dan custard serta makanan Asia lainnya.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment