Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Lemak di Lengan

29 November 2023 - 08:00 WIB
halodoc

Tribratanews.tribratanews.com - Menghilangkan lemak tubuh yang membandel bisa jadi rumit, terutama jika lemak tersebut fokus pada area tertentu. Terutama bagian lengan sering kali dianggap sebagai area bermasalah, sehingga banyak orang mencari cara untuk menghilangkan lemak berlebih di lengan.

Meskipun penumpukan lemak di daerah lengan atas terkadang menjadi sumber kekhawatiran terkait penampilan, tetapi hal ini umumnya tidak dianggap sebagai gejala gangguan kesehatan.

Inilah beberapa cara menghilangkan lemak pada lengan, dilansir dari berita satu, Senin (27/11/23) :

Baca Juga: Bentuk Nyata Kepedulian Polri, Polisi Bantu Penumpang yang Sakit Naik ke Kapal di Nunukan

1. Lakukan latihan daya tahan
Latihan ketahanan adalah jenis latihan untuk membangun massa otot dan meningkatkan kekuatan. Mengangkat beban merupakan latihan ketahanan yang umum dilakukan.

Meskipun mengangkat beban tidak secara khusus menyebabkan hilangnya lemak pada lengan, tetapi latihan ini dapat membantu menghilangkan lemak secara keseluruhan. Selain itu, dapat membangun massa tubuh tanpa lemak dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

2. Tingkatkan asupan serat
Menambahkan beberapa porsi serat tambahan ke dalam makanan dapat mempercepat penurunan berat badan dan membantu Anda menghilangkan lemak tubuh berlebih.

Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan beberapa zat makanan lainnya. Hal ini dapat meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengosongkan perut dan membantu merasa kenyang lebih lama.

Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh merupakan beberapa contoh makanan bergizi tinggi serat yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

3. Tambahkan protein
Meningkatkan asupan protein adalah cara sederhana lain untuk mengendalikan nafsu makan. Hal ini, dapat membantu mengurangi kelebihan lemak tubuh.

Sarapan dengan protein tinggi dapat mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, dan menurunkan kadar ghrelin (hormon yang merangsang rasa lapar).

Daging, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, telur, dan produk susu merupakan bahan berprotein tinggi yang dapat membantu Anda menghilangkan lemak lengan dengan cepat.

4. Lakukan kardio
Kardio adalah jenis olahraga yang berfokus pada peningkatan detak jantung untuk membakar kalori. Saat mencoba menghilangkan lemak lengan, Anda dapat melakukan kardio setiap hari.

Joging, bersepeda, dan berenang olahraga yang dapat membantu Anda mencapai target kardio harian.

5. Kurangi karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan adalah karbohidrat yang telah melalui proses pengolahan sehingga produk akhirnya kehilangan sebagian vitamin dan mineral penting. Selain itu, karbohidrat olahan juga tinggi kalori dan rendah serat, sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat lebih cepat dan mengakibatkan rasa lapar.

Contoh karbohidrat olahan yang kehilangan nutrisinya, antara lain pasta, roti putih, sereal, dan bahan kemasan lainnya.

6. Tetapkan jadwal tidur
Selain mengubah pola makan dan pola olahraga, tidur yang cukup setiap malam adalah faktor penting untuk menghilangkan lemak lengan.Beberapa penelitian menemukan bahwa tidur berperan dalam mengatur nafsu makan dan juga dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Cobalah untuk membuat jadwal tidur yang konsisten dengan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Selain itu, hindari kegiatan dan makanan yang dapat mengganggu tidur sebelum waktu tidur.

7. Tetap terhidrasi
Minum banyak air setiap hari sangat penting untuk menghilangkan lemak lengan. Pastikan untuk memilih air, teh, atau minuman tanpa pemanis. Konsumsi rutin minuman berkalori tinggi ini dapat dengan cepat menyebabkan penambahan kalori ekstra yang menyebabkan penambahan berat badan seiring berjalannya waktu.

8. Kurangi camilan
Hindari makanan yang meningkatkan insulin, seperti roti, sereal, keripik dan permen.

Makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, dan sumber protein tanpa lemak, baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan secara keseluruhan.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment