Hindari, Ini Sederet Makanan yang Tak Boleh Dikombinasikan dengan Lemon

21 October 2023 - 10:00 WIB
Foto: Pexels

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Lemon merupakan salah satu jenis buah citrus yang paling populer. Di Indonesia, buah ini umum digunakan pada campuran minuman. Banyak juga dikombinasikan bersama sajian makanan, biasanya pada makanan berkuah.

Meskipun sering menjadi kombinasi makanan dan minuman, ada beberapa jenis yang tak cocok dicampurkan lemon. Karena, bisa mempengaruhi rasa, tekstur, hingga menyebabkan masalah pencernaan.

Dilansir dari Times of India, Jumat (20/10/23), berikut 6 makanan yang tak boleh dikombinasikan dengan lemon:

1. Susu

Susu merupakan minuman yang umum dikonsumsi setiap hari. Biasanya susu dinikmati secara langsung, tapi bisa juga dikombinasikan dengan jenis minuman lainnya. Misalnya teh, kopi, sirop, dan lainnya.

Jangan sekalipun mencampurkan susu dengan lemon. Karena, lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat merusak tekstur susu itu sendiri.

Kombinasi keduanya juga dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Seperti naiknya asam lambung yang menyebabkan maag.

2. Makanan Pedas

Ternyata lemon juga tak cocok dikombinasikan dengan makanan pedas. Karena, lemon bersifat asam yang mana dapat meningkatkan rasa pedas pada makanan.

Makanan yang sangat pedas ini jika ditambahkan lemon akan terasa semakin pedas dan tajam. Justru akan membuat yang menyantapnya tidak begitu menikmati.

Baca Juga:  Wakapolda NTT Menjamin Keamanan dan Pelayanan Terbaik Selama Operasi Mantap Brata 2023 -2024

3. Wine

Wine merupakan minuman beralkohol yang nikmat sekali jika dipadukan dengan olahan daging atau steik. Kombinasi antara wine dan lemon sangat salah besar, karena dapat mengganggu rasa wine.

Ini berlaku tak hanya untuk minuman wine saja, tapi juga saus yang berbahan dasar wine untuk marinasi makanan. Jadi, jangan sekalipun mencampurkan dua bahan tersebut.

4. Seafood

Sebenarnya, lemon sering dikombinasikan dengan seafood. Namun, ternyata dua bahan ini bukan kombinasi yang cocok.

Hindari kombinasi lemon dengan ikan yang memiliki rasa yang cukup kuat, karena justru akan membuat rasanya meningkat dan lebih kuat. Untuk alternatifnya, bisa menggunakan jeruk nipis saja.

5. Yogurt

Yogurt merupakan produk susu yang juga tak cocok jika dikombinasikan dengan yogurt. Air lemon yang dicampurkan ke dalam yogurt akan mengubah teksturnya.

Kalau ingin tetap mencampurkan yogurt dengan lemon ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Lebih baik mencampurkannya secara bertahap dan memperhatikan suhu yang tepat.

6. Telur

Telur diketahui mengandung protein yang tinggi. Ketika telur dicampurkan dengan lemon, justru akan mengubah sifat protein itu.

Jika mencampurkan lemon bersama telur juga dapat mengubah teksturnya atau mengental. Jadi, kalau ingin mencampurkan 2 bahan ini harus dilakukan dengan hati-hati.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment