Edamame, Ini Beragam Khasiatnya bagi Bumil

29 August 2024 - 06:45 WIB
Cookpad

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beragam nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, zat besi, folat, kolin, juga zinc, bisa Bumil peroleh dari kacang ini.

Tak hanya itu, kacang edamame juga menyimpan sejumlah vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E, yang baik untuk imunitas tubuh ibu dan janin.

Bonusnya, rutin mengonsumsi kacang edamame saat hamil juga bisa mengontrol kenaikan berat badan ibu hamil karena kacang ini rendah kalori tetapi tinggi serat. Dengan berat badan yang terkontrol, Bumil pun bisa terhindar dari obesitas saat hamil.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (24/8/24), berikut sederet khasiat edamame bagi kesehatan ibu hamil, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Memiliki tubuh yang sehat saat hamil sangat penting agar Bumil nggak mudah terinfeksi dan jatuh sakit, misalnya terkena flu atau batuk. Tak hanya dengan banyak beristirahat dan mengonsumsi aneka buah juga sayur, Bumil juga dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, seperti edamame, guna memperkuat daya tahan tubuh.

Manfaat edamame untuk ibu hamil ini berasal dari kandungan sejumlah nutrisi, seperti protein, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan zinc. Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah ini, edamame juga bisa disebut sebagai salah satu jenis super food bagi ibu hamil.

2. Mencegah anemia

Ibu hamil cukup rentan mengalami anemia atau kurang darah karena kekurangan zat besi dan folat. Kondisi ini bisa membuat Bumil mudah lelah, lemas, sakit kepala, juga lesu. Bahkan, anemia juga bisa menghambat tumbuh kembang janin.

Oleh sebab itu, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti edamame, karena kacang ini tinggi akan folat. Memenuhi kebutuhan folat harian bisa meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bisa menurunkan risiko Bumil mengalami anemia.

3. Meringankan morning sickness

Bumil susah makan karena sering mual dan muntah? Coba makan edamame, yuk! Edamame mengandung protein, serat, serta aneka mineral dan vitamin, termasuk folat dan vitamin B6 yang bisa membantu mengurangi keluhan mual saat hamil, nih.

Tak hanya itu, edamame juga baik untuk ibu hamil karena bisa menambah asupan nutrisi ketika nafsu makan berkurang.

4. Mengontrol kenaikan berat badan

Pertambahan berat badan saat hamil memang dibutuhkan, tetapi tidak boleh terlalu banyak ya, Bumil. Soalnya, berat badan berlebih saat hamil justru bisa memicu obesitas yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Untuk mencegahnya, yuk konsumsi sumber serat, seperti buah, sayur, dan kacang edamame. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein, perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga bisa menekan keinginan Bumil ngidam makanan tidak sehat, lho. Dengan begitu, berat badan pun bisa naik dengan ideal.

5. Meringankan kram kaki

Apakah Bumil sering mengalami kram kaki dan badan pegal-pegal? Jika iya, coba deh untuk banyak beristirahat dan meluruskan kaki. Tak hanya itu, penuhi juga kebutuhan mineral harian ya, Bumil.

Kurangnya asupan kalium, magnesium, dan kalsium, diketahui bisa menyebabkan kram kaki. Untuk mencukupinya, Bumil bisa nih memasukkan kacang edamame sebagai camilan sehat. Tak hanya enak, kacang mungil ini juga mengandung sejumlah mineral penting yang bisa mengurangi keluhan kram kaki.

6. Mencegah dan mengatasi sembelit

Lonjakan hormon kehamilan dan kurang serat saat hamil bisa menyebabkan Bumil mengalami sembelit, nih. Kondisi ini tentu saja bisa membuat perut Bumil tidak nyaman, ya.

Untuk mencegahnya, Bumil perlu memenuhi kebutuhan cairan dan mengonsumsi serat.
Serat bisa Bumil temukan pada aneka buah dan sayur, juga kacang-kacangan, termasuk kacang edamame.

7. Memperkuat tulang ibu dan janin

Kacang edamame mengandung protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan vitamin K. Sejumlah nutrisi ini sangat baik untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatannya. Dengan tulang yang sehat dan kuat, Bumil bisa melakukan berbagai aktivitas yang disukai.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalam edamame juga baik untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulang serta gigi janin, lho.

8. Membuat tubuh lebih berenergi

Beragam nutrisi yang terkandung di dalam edamame bisa membuat tubuh Bumil lebih berenergi sehingga Bumil bisa melakukan banyak aktivitas seharian. Apalagi jika Bumil mengonsumsi edamame dan dilengkapi dengan aneka buah, sayur, dan sumber protein, seperti daging ayam tanpa lemak, udang, ikan, atau telur rebus.

9. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dan antioksidan yang melimpah di dalam kacang edamame memiliki dampak baik pada tekanan darah ibu hamil. Soalnya, kedua nutrisi ini bisa menjaga tekanan darah tetap normal sehingga Bumil tidak mengalami hipertensi gestasional, yakni salah satu kondisi medis yang bisa menyebabkan komplikasi kehamilan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment