DKP3 Kota Serang Suntik Vaksin ke Peternakan Sapi Untuk Cegah PMK-LSD

12 July 2023 - 15:15 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Serang. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKP3) Kota Serang, melakukan penyuntikan vaksin ke peternakan sapi di Kampung Kemanisan, Kelurahan Sukawana Kecamatan Curug, Serang.

Petugas kesehatan hewan Kota Serang, Helmi (30) mengatakan setidaknya sudah ada 100 ekor sapi yang menerima vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD).

“Kegiatan ini dilakukan untuk pengendalian atau pencegahan dari penyakit PMK dan LSD yang sedang menyebar,“ ujarnya, seperti dilansir Antaranews, Selasa (11/07/23).

Baca Juga: Ciduk Penampungan PMI Ilegal di Jaktim, BP2MI Selamatkan 6 Orang

Untuk penyakit antraks sendiri, Dinas Ketahanan Pangan Kota Serang bekerja sama dengan Dinas Provinsi Banten sudah melakukan pengetatan distribusi hewan dari Gunung kidul Provinsi Yogyakarta. “Yang kita khawatirkan kalau dari sana sehat, pas sampai Kota Serang terkena penyakitnya,” jelasnya. 

Di sisi lain, Dinas Ketahanan Pangan sudah mempersiapkan 10.000 dosis vaksin LSD dan 75.000 dosis vaksin untuk PMK di Provinsi Banten.

Sementara itu, Indra (25) pemilik peternakan sapi di Kampung Kemanisan, Kelurahan Curug Kecamatan Sukawana, Serang mengaku dirinya merasa khawatir akan penyakit PMK dan LSD terhadap ternaknya. “Kita di sini berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan sapi-sapi kita, dari kebersihan kandang sampai komposisi pakan sapi dan vaksin, kita akan selalu mengikuti prosedur yang ada,” jelasnya.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment