Daun Klorofil, Ini Sederet Khasiatnya bagi Kesehatan

30 August 2024 - 06:45 WIB
Unsplash

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Klorofil merupakan zat alami yang dapat memberikan warna hijau pada daun tanaman. Bagi tanaman, zat ini bermanfaat dalam proses fotosintesis untuk menyerap menyerap energi dan mendapatkan nutrisi dari sinar matahari.

Zat klorofil mengandung vitamin, antioksidan, dan zat lainnya. Bukan hanya bermanfaat bagi tanaman, zat ini ternyata juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia saat dikonsumsi.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/8/24), berikut sederet manfaat daun klorofil bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mencegah penuaan dini

Melansir jurnal Dovepress, mengoleskan gel yang mengandung klorofil ke kulit mampu mengurangi tanda-tanda penuaan, terutama yang terjadi akibat paparan matahari.

Zat ini dapat lebih efektif jika kamu kombinasikan dengan tretinoin. Dengan begitu, tanda-tanda penuaan bisa saja tidak terlihat lagi.

2. Perawatan jerawat

Klorofil mampu membantu tubuh dalam mengatasi masalah jerawat. Mengutip J Drugs Dermatol, penggunaan gel yang mengandung klorofil mampu membantu dalam pengurangan jerawat di wajah, serta mengecilkan pori-pori yang ada.

Manfaat untuk jerawat bisa lebih efektif lagi saat klorofil topikal kamu gunakan bersamaan dengan fototerapi. Kombinasi ini dapat membuat lesi jerawat lebih sedikit, masalah jerawat berkurang, serta minyak pada kulit juga berkurang.

3. Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat lainnya dari klorofil adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Klorofil secara kimiawi mirip dengan hemoglobin, protein pada sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Maka dari itu, konsumsi zat ini dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah produksi sel darah merah. Gangguan yang bisa teratasi adalah defisiensi hemoglobin, seperti anemia dan thalasemia.

4. Penyembuhan luka

Klorofil adalah kandungan yang dapat membantu luka agar cepat sembuh. Bahkan, ada penelitian yang menyebut jika klorofil mampu membantu dalam penyembuhan luka bedah, serta mencegah infeksi.

Bahkan, beberapa ahli medis meresepkan obat yang mengandung klorofil, agar luka lebih cepat sembuh.

5. Mencegah kanker

Melansir jurnal dari HHS Public Access, kandungan klorofil mampu mengurangi risiko terjadinya tumor hati dan tumor perut. Bahkan, mengonsumsi klorofil secara rutin secara signifikan mampu mengurangi ukuran tumor.

Pada penelitian lainnya, klorofil dapat membatasi zat aflatoksin, senyawa yang menyebabkan kanker, saat masuk ke tubuh. Maka dari itu, seseorang yang terserang kanker direkomendasikan untuk makan sayuran berdaun hijau, seperti bayam.

6. Penurunan berat badan

Beberapa sumber menyebut jika klorofil dalam bentuk cair mampu membantu penurunan berat badan. Disebutkan, seseorang yang rutin mengonsumsi suplemen dengan kandungan klorofil, penurunan berat badannya dapat terjadi secara signifikan, dibandingkan yang tidak.

Bahkan, kandungan ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol berbahaya. Sebab, kolesterol berlebih di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko dari banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

(sy/n/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment