Dapat Sembuhkan Alergi, Ini 5 Efek Diet Bebas Gluten yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

22 November 2023 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Banyaknya diet sehat yang salah satunya memangkas asupan gluten. Ternyata ini efek yang akan terjadi pada tubuh jika menjalankan diet bebas gluten.

Namun begitu, kandungan gluten pada makanan menjadi komponen menyeramkan yang dapat masuk ke dalam tubuhnya. Gluten banyak terkandung pada makanan seperti roti, pas, kue, atau hidangan lain yang menggunakan campuran tepung terigu di dalamnya.
Baca Juga: TNI-Polri Jaga Kediaman Pj Gubernur DKI Antisipasi Aksi Massa

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/11/23), berikut sederet efek diet bebas gluten yang baik bagi tubuh, antara lain:

1. Memicu konstipasi

Komponen gluten yang ada pada roti, pasta, atau olahan tepung lainnya sebenarnya mengandung serat. Para ahli bahkan menyetujui jika kandungan serat pada gluten termasuk salah satu serat yang baik.

Bagi tubuh yang terbiasa menerima asupan gluten, tentunya akan mengalami penyesuaian setelah kehilangan salah satu sumber seratnya. Buang air besar yang terhambat atau konstipasi atau sulit BAB seringkali dirasakan oleh mereka yang mencoba menjalani diet ini.

Sistem pencernaan akan bekerja lebih keras ketika sumber serat yang dibutuhkan tiba-tiba hilang. Salah satu cara untuk menangkal efek samping ini adalah dengan meningkatkan asupan sayuran hijau atau biji-bijian.

2. Lebih cepat lapar

Pada individu yang mengalami intoleran gluten, asupan gluten justru akan memicu rasa tak nyaman pada perut. Efeknya selera makan akan hilang bahkan ada yang mengalami efeknya sepanjang hari.

Tetapi untuk mereka yang menghindari gluten karena gaya hidup biasanya akan merasa cepat lapar. Hal ini terjadi karena tubuh kehilangan salah satu asupan karbohidratnya.

Efek tersebut juga disebabkan karena ketika tidak ada asupan gluten nafsu makan juga akan meningkat. Ahli gizi menyarankan untuk konsumsi mie yang terbuat dari sayuran sebagai pengganti asupan glutennya.

3. Membuat otak lebih fokus

Sering merasa hilang fokus atau mengantuk setelah makan nasi atau mie? Efek tersebut dihasilkan oleh asupan gluten dan karbohidrat yang berlebihan masuk ke dalam tubuh.

Ahli gizi dan peneliti mengungkapkan bahwa usu yang sehat berkaitan sangat erat dengan kesehatan mental dan tingkat fokus. Asupan karbohidrat dan gluten yang dikurangi dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih bersih dan sehat.

Efeknya inflamasi pada usus akan menurun sehingga mikrobiota yang hidup dapat menciptakan lingkungan pada saluran pencernaan yang lebih bersih. Hasilnya baik kesehatan mental hingga fungsi otak akan meningkat.

4. Energi meningkat

Menurut penelitian asupan karbohidrat dan gluten sebenarnya mengonsumsi banyak energi untuk dicerna. Sehingga usai konsumsi gluten yang banyak biasanya lebih banyak orang merasa kelelahan daripada yang berenergi.

Tetapi ketika asupan glutennya dikurangi maka tubuh akan memiliki cadangan energi yang lebih banyak. Energi yang biasanya dihabiskan pada proses mencerna gluten akan dialihkan pada kebutuhan lain seperti aktivitas sehari-hari.

Tak hanya itu, kondisi saluran pencernaan yang lebih sehat juga membantu produksi energi yang lebih banyak. Beberapa penelitian menunjukkan efek positif pada partisipan yang mengurangi konsumsi karbohidrat atau gluten menjadi lebih berenergi sepanjang hari.

5. Mengatasi alergi makanan

Menjalankan diet bebas gluten ternyata dapat memberikan efek positif ternyata bagi mereka yang memiliki energi makanan. Asupan gluten yang seringkali masuk tak terkendali dapat memicu inflamasi di dalam tubuh.

Sehingga ketika gluten dikurangi risiko terjadinya inflamasi juga akan berkurang. Diet bebas gluten diakui oleh ahli dapat membantu beberapa pasien yang mengalami gangguan pada pencernaan.

Pemicu alergi di dalam pencernaan dapat berkurang ketika saluran pencernaan bebas dari pengaruh gluten. Sehingga ada beberapa kasus yang menunjukkan pelaku diet bebas gluten mengalami perbaikan pada alergi makanan yang diidapnya.


(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment