Dahsyat, Ini Sederet Obat Alami Atasi Keracunan Makanan

2 September 2024 - 11:38 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Mengonsumsi makanan dan minuman sembarangan, tanpa memerhatikan kebersihannya, masih menjadi salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang Indonesia. Tak heran bila keracunan makanan menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi di negara ini.

Padahal masalah kesehatan tersebut bisa menimbulkan gejala yang sangat tidak nyaman, seperti sakit perut, muntah dan diare. Memang kebanyakan orang biasanya hanya mengalami sakit ringan dan bisa sembuh tanpa pengobatan.

Namun, terkadang keracunan makanan juga bisa menyebabkan sakit parah atau komplikasi. Jadi, kondisi tersebut tidak boleh disepelekan. Untungnya, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan gejala keracunan makanan.

Makanan bisa terkontaminasi oleh bakteri ini dan kuman lainnya melalui penyiapan makanan yang tidak bersih, tidak menyimpan makanan pada suhu yang tepat, daging atau telur kurang matang, dan cara lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (1/9/24), berikut sederet bahan alami yang ampuh jadi obat keracunan makanan, antara lain:

1. Jahe

Jahe sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit karena efek terapeutiknya. Rempah-rempah ini sudah terbukti bisa memberikan efek menenangkan pada perut dan sistem pencernaan.

Meskipun manfaat jahe untuk membantu mengatasi keracunan makanan masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tapi teh hangat yang ditambahkan dengan bahan alami tersebut bisa menenangkan perut saat kamu merasa mual atau tidak nyaman.

2. Peppermint

Tak hanya minum teh jahe hangat, mengisap permen peppermint atau minum teh peppermint juga bisa membantu meredakan sakit perut yang disebabkan oleh keracunan makanan.

Namun faktanya, sebuah ulasan menemukan bahwa minyak peppermint bisa membantu membuat otot pada sistem pencernaan untuk rileks.

3. Bawang Putih

Bahan alami ini tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan makanan saja. Ternyata, bawang putih juga bermanfaat untuk meredakan gejala keracunan makanan.

Hal itu karena tanaman tersebut memiliki kandungan yang mampu membersihkan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, bawang putih juga bersifat antiviral dan antibakteri, sehingga baik untuk menjadi obat keracunan makanan alami.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengonsumsi satu siung bawang segar secara langsung atau menambahkannya dalam makanan.

4. Makanan Berprobiotik

Setelah kamu merasa sedikit membaik, kamu bisa mengonsumsi makanan berprobiotik, seperti yoghurt, untuk mendapatkan bakteri baik yang bisa bertindak sebagai obat keracunan makanan.

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, beberapa bukti sudah menunjukkan bahwa nutrisi tersebut bisa membantu mempercepat pemulihan beberapa gejala keracunan makanan seperti diare.

Tak hanya yoghurt, kamu juga bisa mendapatkan asupan probiotik dengan mengonsumsi suplemen probiotik setidaknya selama 2 minggu.

5. Pisang

Pisang juga bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi selama pemulihan dari keracunan makanan.

Buah yang rasanya manis ini bisa mengembalikan elektrolit yang hilang selama diare, meredakan gejala, dan memberikan energi pada tubuh sehingga kuat kembali.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment